Sukses

Food

4 Tips Menyimpan Sayur Agar Tahan Lama Tanpa Kulkas

Fimela.com, Jakarta Sayur menjadi bahan makanan utama yang penting untuk kita konsumsi setiap hari. Sayur memiliki berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dibandingkan daging, ikan dan aneka makanan berlemak lainnya, sayur dipercaya lebih sehat dan mampu menjadi makanan penunjang diet terbaik. 

Bicara mengenai sayur, dibandingkan dengan bahan makanan lain, sayuran termasuk bahan makanan yang mudah rusak baik itu kering atau busuk. Jadi kita harus pandai-pandai menyimpannya apalagi jika kita ingin menyimpan sayuran agar tahan lebih lama tanpa memasukkannya ke dalam kulkas. 

Bagaimana cara menyimpan sayur agar tahan lama tanpa kulkas? Simak beberapa cara berikut ini dan coba di rumah. 

Simpan Dalam Plastik Kedap Udara

Cara pertama adalah simpan sayuran di dalam plastik kedap udara. Cara ini akan membuat sayur bertahan dua sampai tiga hari ke depan. Setelah menyimpan sayur di dalam plastik ini, selanjutnya simpan di tempat yang kering dan bersuhu dingin. Ini akan membuat sayur tak hanya tahan lama tetapi juga awet segar.

Bungkus dengan Tisu atau Kertas Koran

Selanjutnya simpan sayur segar dengan dibungkus tisu atau kertas koran. Ini bisa membantu sayur tahan lebih lama dan segar. Cara ini juga akan membuat sayur yang disimpan lebih kering sehingga tak mudah busuk.

Buang Bagian Sayur yang Busuk

Pastikan untuk membuang bagian sayur yang telah busuk sebelum sayur disimpan. Bagian sayur yang sudah busuk akan membuat bagian sayur yang masih segar ikut busuk. 

Simpan di Tempat Kering dan Bersih

Saat menyimpan sayur, pastikan untuk menyimpan sayur di tempat yang kering dan bersih. Jauhkan sayuran dari bahan makanan lain yang lebih lembab atau mengandung banyak gas. Karena hal ini bisa membuat sayur cepat rusak, busuk atau menguning. 

Itulah sedikitnya 4 tips menyimpan sayur agar tahan lama tanpa kulkas. Sebagai catatan penting, saat menyimpan sayur usahakan agar menyimpan sayur secara terpisah antara jenis sayur satu dengan jenis sayur lainnya. Cuci selalu sayur dan buah yang hendak dikonsumsi. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading