Mengenal Tepung Terigu, Bahan Dasar dan Manfaatnya

Imelda Rahma21 Mei 2022, 07:38 WIB
Diperbarui 21 Mei 2022, 07:38 WIB
tepung

Fimela.com, Jakarta Tepung terigu adalah salah satu jenis tepung yang paling banyak digunakan orang untuk membuat berbagai hidangan. Salah satunya ketika kamu hendak membuat makanan manis, seperti bolu dan ue kering. 

Dibandingkan dengan jenis tepung yang lain, tepung terigu termasuk dalam jajaran tepung populer. Bahkan, karena rupa tepung hampir semuanya sama, terkadang kita menamai semua jenis tepung sebagai tepung terigu. 

Nah, bicara soal tepung terigu, apakah kamu tahu bahan dasar tepung terigu? Untuk kamu yang ingin tahu lebih banyak, kali ini Fimela.com akan mengulas serba-serbi tepung terigu, mulau dari bahan dasarnya sampai manfaatnya. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Bahan Dasar Tepung Terigu

Bahan Dasar Tepung Terigu
Ilustrasi tepung terigu/credit: Freepik.com

Tepung terigu terbuat dari biji gandum murni. Adapun bagian gandum yang diambil untuk menjadi bahan baku tepung terigu ialah bagian daging yang sudah bebas dari kulit ari maupun inti gandum.

Tepung terigu ini memiliki tekstur halus, juga elastisitas yang tinggi. Untuk kamu yang belum familiar, tepung terigu ternyata memiliki beragam jenis sesuai dengan tingkat proteinnya, tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein sedang, dan tepung terigu protein rendah.

Tepung terigu biasanya digunakan untuk membuat kue kering, kue basah, dan aneka masakan lainnya. Soal gizi, tepung terigu kaya akan karbohidrat, serat, protein, vitamin, dan mineral. Sementara itu, tepung terigu yang telah difortifikasi (diperkaya dengan zat gizi) biasanya juga banyak mengandung vitamin B1, B3, B6, kalsium, dan zat besi sebagai tambahannya.

Manfaat Tepung Terigu

Manfaat Tepung Terigu
Ilustrasi tepung terigu/credit: Freepik.com

Siapa sangka, tepung terigu ternyata punya beberapa manfaat, lho. Tepung terigu bisa bermanfaat untuk kecantikan kulit sampai menjadi alternatif yang bisa menuntaskan permasalahanmu. Berikut adalah beberapa manfaat tepung terigu yang perlu kamu ketahui: 

1. Membersihkan barang yang terbuat dari logam

Barang yang berasal dari logam biasanya seiring berjalannya waktu bisa menjadi kusam dan tampilannya menjadi kurang menarik lagi. Apakah kamu ingin membuatnya terlihat baru kembali? 

Mudah saja, kamu bisa langsung mengembalikan kilau barang logam hanya dengan menggunakan tepung terigu, cuka, dan garam. Campur ketiga bahan tersebut perbandingan 1:1:1 hingga menjadi pasta.

Oleskan pasta tepung tersebut pada barang yang akan dibersihkan, tunggu hingga mengering. Setelah itu bersihkan pasta tepung yang telah mengering dengan kain lap yang lembut.

2. Menjadi olesan lulur yang mencerahkan kulit

Siapa disini yang ingin mendapatkan kulit cerah? Daripada kamu menghabiskan uang untuk membeli produk kecantikan, bagaimana jika kamu mencoba membuat lulur dari tepung terigu? 

Pasalnya, tepung terigu juga punya manfaat untuk mencerahkan kulit. Caranya mudah saja, kamu hanya perlu mencampurkan dua sendok makan tepung terigu, satu sendok makan yoghurt, sedikit bubuk kunyit.

Campuran tersebut dapat dijadikan olesan lulur untuk tubuh dan masker wajah. Aplikasikan selama 25 menit kemudian bilas dengan air hangat.

3. Mencegah makanan menempel di permukaaan wajan

Pasti kesal ya, rasanya jika memasak tetapi makanan malah menempel di permukaan wajan. Namun, masalah itu bisa kamu selesaikan hanya dengan memasukkan satu sendok makan tepung terigu ke dalam minyak panas sebelum daging atau bahan makanan lainnya dimasukkan. 

Olahan Makanan dari Tepung Terigu: Resep Pizza Teflon

Olahan Makanan dari Tepung Terigu: Resep Pizza Teflon
Ilustrasi pizza/credit: unsplash.com/amirali

Salah satu camilan favorit banyak orang yang berbahan dasar tepung terigu ialah pizza. Makanan khas Italia ini biasanya dijual di resto dan cafe. Namun kamu sebenarnya bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. 

Membuat pizza ternyata bisa dilakukan dengan langkah sederhana. Yuk, cek resepnya di bawah ini: 

Bahan-bahan:

  • 1 gelas tepung terigu protein tinggi atau protein sedang
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt fermipan
  • 1/2 sdt kaldu ayam (masako atau royco)
  • 2 sdm minyak goreng
  • Air hangat secukupnya

Bahan topping:

  • 5 sdt saus tomat
  • 1/4 lada
  • 1/4 gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt bubuk oregano
  • 1 sosis (di iris sesuai selera)
  • Keju secukupnya
  • Bawang bombay cincang secukupnya
  • Mayonais

Cara membuat pizza teflon: 

  1. Siapkan bahan-bahan lalu campurkan semua bahan. Hati-hati saat mencampurkan air hangat (lebih baik sedikit demi sedikit sambil diaduk). Uleni hingga kalis.
  2. Diamkan dan tutup selama 40 menit sampai adonan mengembang.
  3. Buat toppingnya. Caranya, campurkan semua bahan kecuali bawang bombay, keju dan mayonais.
  4. Kemudian cetak adonan pizza bulat ke dalam teflon.
  5. Setelah itu, adonan di tusuk-tusuk pakai garpu lalu beri topping saus yang sudah dicampur pada langkah kedua di atas. Ratakan.
  6. Kemudian taburkan bawang bombay, keju, dan mayonais.
  7. Panggang dengan api kecil dan tunggu 3 sampai 4 menit. Jangan lupa cek kematangannya.
  8. Setelah matang, angkat dan potong-potong.
Lanjutkan Membaca ↓
1

Live Streaming

Powered by