Sukses

Food

Mengenal Tortilla, Roti Bulat Pipih Khas Meksiko yang Gurih

Fimela.com, Jakarta Saat kamu mengunjungi restoran ala western, pasti kamu akan menemukan menu tortilla. Ya, tortilla adalah hidangan khas Meksiko yang sudah mendunia dan mudah dijumpai di Indonesia. 

Di sejumlah negara, tortilla merupakan kudapan atau camilan enak yang mengenyangkan. Biasanya orang-orang akan mengisi tortilla dengan beragam bahan pelengkap atau isian seperti kacang-kacangan, keju, sayuran, dan daging lalu melipatnya menjadi bentuk setengah lingkaran.

Membuat tortilla ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Kamu bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Penasaran dengan resepnya?

Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas serba-serbi tortilla beserta resepnya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

 

Seputar Tortilla

Tortilla merupakan roti pipih tidak beragi yang dibuat dengan tepung jagung atau gandum, air, dan garam. Tortilla menjadi hidangan yang banyak dibuat di daerah Amerika Latin, terutama Meksiko. Beberapa sumber menyebutkan bahwa tortilla dahulunya merupakan makanan bagi orang-orang yang tidak mampu di Meksiko. 

Secara tradisional, hanya tepung jagung yang digunakan untuk membuat tortilla. Namun seiring berjalannya waktu, saat ini tepung terigu juga digunakan untuk membuat tortilla di beberapa negara. 

Sebagai hidangan roti polos yang gurih dan tipis, tortilla sering disajikan bersama taco, burrito, dan quesadillas. Uniknya, ketika tortilla sudah mulai membasi, orang-orang akan menggorengnya, lalu dijadikan keripik untuk menjadi bahan pelengkap sup. 

 

Resep Mudah Membuat Tortilla

Kini memang sudah ada banyak restoran yang menyediakan menu tortilla. Sayangnya, satu porsi tortilla bisa menjadi sangat mahal, apalagi kalau kamu membelinya di restoran francise. Lalu bagaimana solusinya?

Akan lebih baik jika kamu membuat sajian tortilla sendiri di rumah. Tenang, resep tortilla cukup mudah, kok. Yuk, cek resepnya di bawah ini: 

Bahan-bahan:

  • 3 mangkuk kecil tepung terigu (banyaknya tepung bisa ditakar sesuai tortilla yang ingin dibuat, untuk resep ini bisa hingga 16 porsi)
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh baking powder
  • 4 sendok makan minyak sayur
  • 1 mangkuk ( sekitar 200 ml) air hangat

Cara membuat tortilla: 

  1. Campur tepung terigu, garam dan baking soda di sebuah wadah.
  2. Tambahkan minyak sayur dan air dengan mixer (jika tidak ada mixer, bisa dengan pengocok biasa).
  3. Setelah adonan tercampur rata, diamkan hingga 10 menit.
  4. Buat hingga menjadi 16 bagian, dan ratakan dengan menggunakan roll agar tipis.
  5. Siapkan penggorengan datar yang sudah dioles mentega atau minyak goreng.
  6. Goreng tortilla sambil ditekan-tekan. Bolak balik hingga matang.
  7. Siap hidangkan hangat.

Tips Membuat Tortilla yang Enak

Saat membuat tortilla, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar adonan atau sajian tortilla yang kamu buat bisa menjadi hidangan yang enak dan anti gagal. Berikut beberapa tips membuat tortilla enak: 

1. Menggunakan tepung protein sedang

Jika kamu menggunakan tepung terigu sebagai bahan baku tortilla, maka pastikan kamu memilih tepung terigu protein sedang. Lalu, campur dengan bahan-bahan lain seperti susu cair, minyak zaitun, baking powder, dan garam.

2. Menyimpan adonan selama beberapa menit

Setelah adonan tortilla selesai diuleni dan dibentuk bulat, disarankan agar kamu menyimpan adonannya di dalam wadah yang ditutup dengan plastik wrap atau lap bersih selama kurang lebih tiga puluh menit. Jika sudah tiga puluh menit, bagi adonan menjadi 4-5 bagian kecil dan bulatkan. Lalu diamkan kembali selama sepuluh menit.

3. Menaburi alas penggilangan dengan tepung terigu

Saat kamu hendak menggilas adonan tortilla agar bentuknya menjadi pipih, pastikan kamu telah menaburi alasnya dengan sedikit tepung terigu. Hal ini perlu dilakukan agar adonan tidak lengket dan rusak. Setelah itu ambil bulatan adonan dan pipihkan dengan rolling pin sampai adonan pipih dan bentuknya menjadi bulat lebar.

4. Menutup tortilla dengan kain bersih

Untuk membuat tortilla mudah digulung, maka kamu harus menjaga kelembapannya. Untuk itu, kamu bisa menutup kulit tortilla yang sudah matang dengan kain lap bersih. Hal tersebut membantu agar tortilla tidak kering dan mudah digulung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading