Sukses

Food

Tips Masakan Ayam Betutu Khas Bali Beserta Resepnya

Fimela.com, Jakarta Tidak akan lengkap rasanya jika berkunjung ke Bali tanpa menikmati sajian betutu. Betutu merupakan teknik masakan khas Bali dengan cara memasak daging ayam atau bebek yang dimasak sampai airnya sedikit.

Secara tradisional, daun pinang yang membungkus ayam dan dimasak dalam sekam sehingga menghasilkan hidangan yang dinamakan ayam betutu. Sajian yang satu ini terkenal karena cita rasa rempah pada dagingnya begitu meresap dan wangi. Ditambah lagi teksturnya juga empuk dan juicy. 

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba memasak ayam betutu khas Bali di rumah, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar bumbunya meresap sempurna. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan tips masakan ayam betutu khas Bali beserta resepnya di bawah ini. 

Tips Memasak Ayam Betutu Khas Bali

1. Meyangrai ketumbar dan jinten

Kunci kelezatan ayam betutu khas Bali ada pada bumbunya. Maka dari itu, saat hendak membuat bumbu halus, disarankan agar kamu menyangrai ketumbar dan jintan terlebih dahulu sebelum dihaluskan.

Agar dua bumbu dapur tersebut dapat dihaluskan dengan sempurna tanpa meninggalkan bongkahan ketumbar, kamu bisa menghauskannya dengan blender atau chopper bersama bumbu lain seperti bawang putih, kemiri, terasi, dan minyak. Setelah halus, masukkan kunyit, jahe, lengkuas, serai, cabai merah, bawang merah, dan cabai rawit, haluskan kembali.

2. Menyisihkan sedikit bumbu halus untuk menumis hidangan pelengkap 

Ayam betutu khas Bali umumnya disajikan dengan hidangan pelengkap lainnya seperti kangkung atau tumis kacang panjang bejek. Nah, agar rasa hidangan pelengkapnya semakin nikmat, kamu bisa sisihkan 2-3 sdm bumbu yang sudah dimasak untuk bumbunya.

Tips Memasak Ayam Betutu Khas Bali

3. Menggunakan api besar untuk mengungkep ayam pada menit pertama

Ada trik khusus agar daging ayam betutu memiliki tekstur yang empuk dan lembut, yakni dengan menggunakan api besar untuk mengungkep ayam pada menit pertama. 

Ungkep ayam selama 90 sampai 120 menit dengan api besar pada 45 menit pertama. Setelah itu, masak dengan api kecil di waktu sisanya. Nah, kalau kamu ingin bumbunya benar-benar meresap secara sempurna, kamu bisa diamkan ayam yang sudah diungkep seharian, lalu masak keesokan harinya.

4. Menggunakan teknik presto untuk proses memasak yang lebih cepat

Memasak ayam betutu memang membutuhkan waktu yang cukup lama, namun jika kamu ingin mempercepat prosesnya, maka kamu bisa menggunakan alternatif teknik presto.

Kamu bisa melakukan teknik presto pada ayam selama 40 menit pertama, lalu ungkep ayam hingga airnya menyusut. Jika kamu menerapkan hal di atas, dapat dipastikan daging akan menjadi juicy dengan rasa yang lebih meresap.

5. Sisakan sedikit kuah jika ingin menyimpan ayam betutu

Apabila porsi ayam betutu yang kamu masak terlalu banyak, pasti kamu ingin menyimpannya untuk dikonsumsi pada esok hari. Nah, supaya hidangannya tetap lezat, kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas. Simpanlah ayam dengan sedikit kuah agar bumbu lebih meresap saat akan dimasak.

Resep Ayam Betutu Khas Bali

Setelah mengenal tipsnya, sekarang kamu bisa memulai untuk memasak ayam betutu di rumah. Bagaimana resepnya? Yuk, simak resep ayam betutu khas Bali di bawah ini: 

Bahan-bahan: 

  • 1 ekor ayam kampung (bersihkan dan sisihkan jerohannya)
  • 2 batang serai (memarkan)
  • 2 lembar daun salam
  • Daun pisang (secukupnya)
  • 4 lembar daun jeruk
  • Minyak goreng (secukupnya untuk menumis bumbu dan ayam)

Bahan bumbu halus:

  • 15 buah cabai merah besar (buang isi)
  • 5 cm jahe
  • 6 cm kunyit
  • 5 cm lengkuas
  • 2 batang serai (bakar dulu dan ambil bagian batang yang putih saja)
  • 100 gram bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 5 butir kemiri
  • 1/2 sdt merica
  • Garam (secukupnya, kira-kira 2 sdt)
  • Gula (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya, agar rasa ayam betutu makin gurih)

Cara memasak ayam betutu khas Bali:

  1. Tumis semua bumbu yang telah dihaluskan hingga harum dan cukup matang. Angkat bumbu lalu sisihkan sebentar biarkan bumbu cukup hangat atau dingin.
  2. Lumuri daging ayam dengan bumbu yang telah ditumis sampai rata. Agar daging ayam makin sedap dan gurih, kita juga bisa melumurinya memakai perasan air jeruk nipis dan sedikit garam sebelum melumurinya dengan bumbu.
  3. Bungkus daging ayam yang telah dilumuri dengan bumbu pakai daun pisang secukupnya. Tambahkan daun jeruk, daun dalam dan batang serai agar rasa ayam betutu makin sedap.
  4. Jika ingin ayam betutu matang sempurna, setelah dibungkus memakai daun pisang, bungkus lagi dengan aluminium foil.
  5. Kukus ayam di dalam dandang yang telah dipanaskan kira-kira selama 2 jam.
  6. Terakhir, setelah selesai dikukus, panggang ayam betutu ke dalam oven dengan suhu 185 derajat celcius kira-kira selama 30 menit.
  7. Angkat ayam dan sajikan bersama nasi putih, lalapan serta taburan bawang goreng di atasnya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading