Sukses

Food

5 Khasiat Cabai Rawit Merah untuk Mencegah Beragam Penyakit

Fimela.com, Jakarta Cabai rawit merah umumnya dipakai sebagai salah satu bumbu dapur atau bumbu masakan untuk memberikan sensasi rasa pedas. Berbeda dengan cabai merah biasa, cabai rawit merah memang akan membuat makanan terasa lebih pedas. 

Namun, siapa sangka, cabai rawit merah ternyata bukan sekedar bumbu masakan biasa. Pasalnya, cabai rawit merah memiliki sejumlah kandungan gizi yang berkhasiat untuk mencegah beragam penyakit. 

Nutrisi yang terkandung dalam cabai rawit merah memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan gizi pada cabe rawit merah diantaranya, seperti protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, kalium, air dan capsaicin. 

Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 khasiat cabai rawit merah untuk mencegah beragam penyakit. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Manfaat Cabai Rawit Merah

1. Baik untuk Kesehatan Mata

Khasiat cabai rawit merah yang pertama ialah dapat menjaga kesehatan mata. Pasalnya, cabai rawit merah memiliki kandungan vitamin B2 yang baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa khasiat cabai rawit merah dalam menjaga kesehatan mata sama serupa dengan khasiat pada wortel. 

Tentu saja untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal bukan berarti kamu harus mengonsumsi cabai rawit merah setiap hari secara berlebihan, ya. Tetap perlu dikontrol, karena jika asupannya berlebihan, maka akan menimbulkan masalah kesehatan nantinya. 

2. Meredakan Sakit Kepala

Apakah kamu sering mengalami sakit kepala? Untuk meredakannya, maka kamu sepertinya perlu mengonsumsi cabai rawit merah. Pasalnya, cabai rawit merah mengandung komponen bernama capsaicin yang dapat memberikan sensasi pedas pada cabai. Saat kamu tengah kepedasan, maka akan keluar lendir pada hidung dan pada saat yang bersamaan, rasa sakit kepala pun akan ikut berkurang.

 

Manfaat Cabai Rawit Merah

3. Memperkecil Risiko Terkena Penyakit Jantung

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cabai rawit merah diketahui memiliki sejumlah kandungan gizi yang berkhasiat untuk mencegah berbagai macam penyakit. Salah satuny adalah dapat memperkecil risiko terkena penyakit jantung.

Adanya kandungan vitamin B6,asam folat, potassium dan betakaroten pada cabai rawit merah efektif mencegah kamu dari serangan penyakit jantung. Biasanya serangan jantung disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi, adapun manfaat cabai rawit dapat menjaga tekanan darah dalam tubuh tetap stabil, dengan begitu jantung bekerja optimal. 

4. Mencegah Penyakit Beri-beri

Tidak hanya penyakit jantung, khasiat cabai rawit merah juga dapat mencegah penyakit beri-beri. Hal ini karena saat kamu mengonsumsi cabai rawit merah, maka secara bersamaan, kamu sedang beruusaha memenuhi asupan vitamin B1 pada tubuh dan tentu saja hal ini membuat kamu terhindar dari penyakit beri-beri.

Namun ingat, jangan makan cabai secara berlebihan ya, sebab akan membuat kamu justru terkena gangguan kesehatan lainnya. Sebut saja diare serta gangguan pencernaan lainnya akibat mengonsumsi cabai rawit merah secara berlebihan. 

5. Bantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Terakhir, khasiat dari cabai rawit merah yang tidak boleh kamu lewatkan dan pastinya kamu butuhkan dalam kondisi tertentu ialah dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Adanya kandungan vitamin C pada cabai rawit merah akan membantu pembentukan kolagen, yakni protein struktural yang membentuk kulit sehingga memangkas waktu penyembuhan menjadi lebih cepat.

Sahabat Fimela, itulah beberapa khasiat dari cabai rawit merah yang baik untuk kesehatan tubuh. Dibalik bentuknya yang kecil dan pedas, ternyata tersimpan banyak manfaat untuk tubuh kita. Ingat, pastikan kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading