Sukses

Food

Sejarah Fried Chicken, Makanan Kesukaan Semua Kalangan

Fimela.com, Jakarta Ayam goreng krispi atau fried chicken menjadi salah satu makanan yang paling disukai oleh semua kalangan baik orang dewasa, remaja maupun  anak-anak. Fried chicken yang renyah, ditambah bumbunya yang gurih, tentunya akan membuat siapa saja sangat menyukai makanan satu ini. 

Bicara mengenai fried chicken, tahukah kamu bagaimana asal-usul atau sejarah makanan paling enak ini? Siapa kira-kira orang yang menemukan ayam goreng seenak ini? 

Penemu Fried Chicken

Di Amerika Serikat, fried chicken dikenal sebagai makanan khas orang-orang di wilayah Selatan yakni wilayah Texas, Kentucky atau Florida. Beberapa sumber menyebut jika ayam goreng ini muncul pertama kali di abad ke 18. Dulu, ayam goreng tepung yang renyah ini disajikan sebagai menu spesial di acara khusus. Seiring berjalannya waktu, fried chicken semakin digemari dan dikenal di berbagai negara di dunia. 

Resep fried chicken pertama kali ditulis dan dipublikasikan oleh Hannah Glasse, koki asal Inggris dalam buku karangannya tahun 1747. Meski resep pertama diterbitkan tahun tersebut, banyak orang yang meyakini bahwa sajian ayam goreng sudah ada sejak ribuan tahun lalu di Tiongkok, Timur Tengah dan Afrika. 

Masuknya Fried Chicken ke Indonesia

Karena memiliki cita rasa lezat dan digemari oleh banyak orang, setelah Perang Dunia II Harland Sanders atau lebih dikenal Kolonel Sanders seorang pebisnis asal AS menjual fried chicken sendiri. Ia mengubah satu restoran di Kentucky dan menjual fried chicken yang dinamai Kentucky Fried Chicken (KFC). Rupanya, bisnisnya semakin berkembang dan mendunia. 

Fried chicken tak hanya digemari di Amerika tetapi juga di berbagai belahan dunia termasuk di negara Indonesia. Fried chicken yang mendunia pun akhirnya juga mengalami banyak perubahan rasa menyesuaikan lidah di masing-masing tempat ia dibuat. Seriring berjalannya waktu, fried chicken juga disajikan dengan berbagai inovasi misalnya fried chicken di Indonesia disajikan bersama sambal bawang atau dijadikan ayam geprek. 

Itulah sedikit ulasan mengenai fried chicken. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading