Apa Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan? Cek Di Sini

Vania Al kautsar27 Jun 2022, 20:27 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 20:34 WIB
Memberikan Anak Bawang Putih Mentah

Fimela.com, Jakarta Bawang putih merupakan salah satu jenis tanaman dari genus Allium, tanaman ini merupakan kelompok dari umbian. Bawang putih biasanya dijadikan sebagai bahan utama bumbu dapur untuk memberikan rasa gurih dan memiliki aroma yang kuat bagi makanan.

Selain itu pemakaian bawang putih juga sangat beragam, ada yang digunakan sebagai makanan seperti sup, tumis, daging, maupun gorengan. Selain itu beberapa orang terkadang mengkonsumsi bawang putih mentahan.

Tahukah kamu? Bahwa bawang putih sendiri memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh? Terutama bawang putih tunggal yang baik untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat bawang putih tunggal yang perlu kamu tahu:

1. Mengurangi Tingkat Kolesterol yang Tinggi

bawang putih
ilustrasi bawang putih/copyright Rawpixel

Manfaat bawang putih tunggal sendiri ternyata baik untuk kesehatan, terutama saat kamu memiliki kolesterol yang tinggi. Ternyata bawang putih tunggal dapat menangkal atau mengurangi kolesterol tinggi pada seseorang. Kamu dapat mencoba dengan mengupas 3 hingga 4 siung bawang putih dan memakannya.

2. Menyembuhkan Bantuk dan Pilek

Selanjutnya manfaat dari bawang putih tunggal sendiri dapat menyembuhkan batuk dan pilek, meskipun penyakit ini dapat sembuh dengan cepat atau hilang sendirinya.

Bawang putih tunggal juga dapat membantu mengurangi risiko batuk dan pilek jika dikonsumsi secara teratur. Selain itu menurut Healthline manfaat dari bawang putih tunggal adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada seseorang.

3. Mencegah dan Melawan Kanker

Tips Membuat Kuah Bakso
Ilustrasi bawang putih/credit: pexels.com/nick

Bawang putih sendiri mengandung organosulfur yang dapat membantu melawan kanker dan membantu tubuh untuk membunuh sel-sel kanker. Selain itu kandungan dalam bawang putih tunggal sendiri yang dapat membantu melawan sel kanker di dalam tubuh.

4. Mengatasi Diabetes

Meskipun belum dilanjutkan penelitian yang teruji, ternyata bawang putih tunggal dapat membantu mengatasi diabetes. Kandungan yang terdapat pada diabetes adalag allicin yang memiliki vitamin B dan dapat menghasilkan insulin dalam tubuh sehingga membantu tubuh untuk melawan diabetes secara efektif.

5. Meringankan Asma

Cara Mengatasi Kerutan di Wajah dengan Bahan Alami
Bawang putih / copyright shutterstock

Bagi kamu penderita asma, mungkin pernah mendengar bahwa bawang putih tunggal dapat meringankan asma. Kamu dapat mencobanya dengan mencampurkan bawang putih tunggal dan madu, selain itu bawang putih juga dapat disaring dengan air dan madu, konsumsi di pagi hari untuk mengurangi asma.

Jika kamu mengkonsumsi bawang putih saat perut kosong, maka dapat membuat antibiotik didalam tubuh. Bawang putih juga dapat membunuh bakteri di dalam perut, sebelum makanan yang masuk dan dicerna. Itulah beberapa manfaat mengkonsumsi bawang putih tunggal yang dapat kamu tahu.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela