Bagaimana Cara Membuat Banana Bread? Perhatikan 5 Hal Penting Ini!

Febi Anindya Kirana28 Jun 2022, 17:45 WIB
Diperbarui 28 Jun 2022, 17:45 WIB
bolu pisang

Fimela.com, Jakarta Banana bread mungkin lebih umum kita kenal sebagai bolu pisang atau cake pisang. Seperti namanya, banana bread dibuat dari bahan utama buah pisang dengan rasa manis yang alami dan legit. Tapi bagaimana sebenarnya cara membuat banana bread yang enak? Ini sekian hal penting yang perlu diperhatikan.

1. Buah pisang yang matang

bolu pisang panggang
Ilustrasi bolu pisang panggang./Copyright shutterstock.com/g/nickichen

Poin pertama yang penting adalah menggunakan buah pisang yang sudah matang, akan lebih baik jika sudah sangat matang karena rasanya akan lebih manis dan teksturnya lebih mudah dihaluskan sehingga lebih mudah menyatu dengan bahan lainnya. Jangan menggunakan buah pisang yang mentah karena rasanya sepat dan teksturnya keras. Umumnya jenis pisang yang digunakan adalah pisang kepok dan pisang raja, tapi sebenarnya hampir semua jenis pisang bisa digunakan.

2. Jangan diblender

bolu kukus pisang
ilustrasi bolu pisang kukus/copyright by Anjarsari laofiati putri (Shutterstock)

Jangan menghaluskan buah pisang dengan cara diblender karena kita tetap membutuhkan tekstur pisangnya saat sudah matang karena lebih enak. Jika diblender, tekstur pisang akan hilang dan tidak akan menghasilkan kue yang manis dan legit seperti yang diharapkan. Cukup kupas dan lumatkan hingga halus menggunakan garpu dengan tekstur masih ada bergerindil kecil.

3. Tambahkan margarin atau mentega

Bolu pisang
Ilustrasi/copyrightshutterstock/SAM THOMAS A

Menambahkan lemak berupa margarin atau mentega akan memberikan rasa yang tidak hanya dominan manis tapi juga harum dan sedikit gurih dibandingkan hanya menggunakan minyak goreng. Manisnya banana bread jadi lebih seimbang dengan rasa sedikit gurih dari margarin atau mentega. Cairkan dulu sebelum dicampur dengan adonan agar lebih merata.

4. Bisa dipanggang maupun dikukus

bolu pisang ambon
ilustrasi bolu pisang/copyright by A. Zhuravleva (Shutterstock)

Banana bread juga bisa dimasak dengan dua cara, jika tidak punya oven silakan menggunakan kukusan. Tapi jika suka tampilan yang cantik kecoklatan, merekah dan menggugah selera sekaligus lebih tahan lama, lebih baik dipanggang saja. Apa pun cara memasak yang dipilih, keduanya sama-sama sehat dan bisa mematangkan banana bread dengan baik.

5. Gunakan telur dan tepung yang segar

bolu kukus pisang
ilustrasi bolu kukus pisang/copyright by Maharani Afifah (Shutterstock)

Jika ingin banana bread yang mengembang dan empuk sebenarnya tidak harus menggunakan baking soda. Cukup gunakan telur segar (suhu ruangan) karena telur cenderung memberikan tekstur lebih lembut, mengembang dan empuk. Tepung terigu juga perlu dipastikan yang baru dan segar ya, ayak dulu sebelum dicampurkan.

Itu dia sekian cara membuat banana bread yang enak, lembut, mengembang dan empuk. Semoga bermanfaat.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela