7 Tips Merebus Daging Biar Cepat Empuk

Febi Anindya Kirana01 Jul 2022, 17:15 WIB
Diperbarui 01 Jul 2022, 17:15 WIB
daging rebus

Fimela.com, Jakarta Sebelum diolah lebih lanjut, biasanya daging akan direbus terlebih dahulu sampai matang dan empuk. Tapi terkadang banyak orang tidak tahu apa yang harus dilakukan agar merebus daging bisa cepat empuk. Sebenarnya ada banyak cara merebus daging agar cepat empuk, seperti sekian tips berikut ini.

1. Daun pepaya

daun pepaya
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Christina Siow

Banyak orang mungkin sudah sering mendengar bahwa daun pepaya bisa berfungsi mengempukkan daging, bukan hanya dalam keadaan mentah tapi juga saat perebusan. Cukup remas-remas satu lembar daun pepaya tua dan masukkan ke dalam air rebusan daging. Sesekali perlu dicek untuk mengetahui sudah seberapa empuk daging. Bisa juga menggunakan pepaya muda, karena getahnya juga bisa mengempukkan daging.

2. Potongan nanas

nanas
Ilustrasi/copyrightshutterstock/love_studio

Sama halnya daun pepaya, potongan buah nanas mampu membantu mengempukkan daging yang direbus. Caranya mudah, rebus dahulu daging hingga mendidih, tambahkan potongan buah nanas sepanjang jari telunjuk untuk 1-2 kg daging sapi atau kambing. Bisa juga dipotong jadi 3 bagian. Jangan terlalu banyak karena bisa membuat daging hancru. Jadi sesekali cek juga sudah seberapa empuk daging yang direbus. Segera angkat daging jika dirasa sudah empuk.

3. Pengempuk daging

Melumuri Ampela Ayam dengan Tepung Siap Saji
Ilustrasi tepung siap saji/credit: pexels.com/Kaboompics

Jika tidak bisa menemukan buah nanas dan daun pepaya, bisa juga membeli bubuk pengempuk daging yang mungkin lebih mudah dibeli dan disimpan untuk waktu lama. Gunakan sesuai kebutuhan atau aturan pakai di kemasan sebelum atau selama merebus daging.

4. Perhatikan potongan daging

Tekstur Daging Sapi Lebih Padat dan Keras
Ilustrasi Daging Sapi Credit: freepik.com

Potongan daging juga perlu diperhatikan, potong daging mengikuti seratnya. Cara ini cukup efektif membuat daging yang direbus cepat empuk. Setelah mendidih, kecilkan api, gunakan api kecil, tutup pancinya dan masak dalam waktu lama agar daging empuk hingga ke seratnya.

5. Teknik 5-30-7

Ilustrasi Merebus
Ilustrasi merebus (dok. Pixabay.com/Three-shots/Putu Elmira)

Bisa juga menggunakan teknik 5-30-7 agar daging cepat empuk. Caranya, rebus daging dengan air mendidih selama 5 menit, matikan kompor dan tutup panci untuk merebus daging selama 30 menit kemudian rebus lagi daging selama 7 menit.

6. Daun jeruk dan cuka

Daun Jeruk
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Merebus daging biar cepat e,puk juga bisa dilakukan dengan menambahan daun jeruk pada rebusan pertama. Untuk 500 gram daging sapi, kita bisa menggunakan 3 lembar daun jeruk. Rebus selama sekitar 10 menit, lalu tiriskan daging. Lalu perebusan kedua, tambahkan 2 sdm cuka masak dalam air rebusan. Dengan cara ini, daging bisa cepat empuk dan lembut.

7. Presto

panci presto
ilustrasi panci presto/copyright By gcafotografia (Shutterstock)

Cara terakhir merebus daging biar empuk adalah menggunakan panci presto. Ini cara paling mudah dan efektif mengempukkan daging. Umumnya 1-2 kg daging akan cepat empuk jika dipresto selama 30 menit setelah uap panasnya berbunyi. Jika ingin membuat air kaldu sekalian, tambahkan air lebih banyak satu cm dari air yang sudah merendam daging.

Itu dia sekian tips merebus daging biar cepat empuk. Semoga bermanfaat!

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela