Sukses

Food

Tips Menyimpan Ikan agar Tahan Lebih Lama di Kulkas

Fimela.com, Jakarta Ikan menjadi salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Ikan juga menjadi bahan makanan yang kaya nutrisi di dalamnya. Ikan sangat baik untuk menunjang tumbuh kembang buah hati. Kandungan omega 3 pada ikan sangat baik untuk kecerdasan otak anak. Jadi, pastikan untuk memberikan asupan ikan secara rutin ke buah hati. 

Bicara mengenai ikan, ada tips khusus untuk menyimpan ikan agar tahan lebih lama di dalam kulkas. Tak hanya tahan lebih lama, ketika ikan disimpan dengan tips yang tepat, ini juga akan membuat kualitas ikan tetap baik. Tektur dan rasa ikan pun tak banyak berubah. Seperti apa tips menyimpan ikan yang benar di dalam kulkas agar tahan lebih lama? Simak yang berikut ini.

Bersihkan Ikan Sebelum Disimpan

Pastikan untuk membersihkan ikan sebelum disimpan. Cuci bersih ikan, buang isi dalam perut ikan dan insang ikan. Bersihkan juga sisik ikan jika ikan yang hendak disimpan memiliki sisik di luar tubuhnya.

Tempatkan Ikan di Wadah Khusus

Masukkan ikan ke dalam wadah khusus. Wadah ini bisa berupa plastik atau kotak makanan. Sebaiknya simpan ikan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak atau menyesuaikan dengan jumlah ikan yang hendak dimasak. Ikan yang disimpan di satu wadah dalam jumlah banyak hanya akan membuat kualitas ikan menurun apalagi jika kita tidak memasak ikan tersebut di waktu sama.

Perhatikan Suhu Kulkas

Sebaiknya, ikan disimpan di freezer dengan suhu tidak lebih dari 4 dereajat celcius. Jika ingin membekukan ikan karena akan disimpan dalam waktu yang sangat lama, sebaiknya freezer diatur pada suhu hingga minus 17 derejat celcius. Ikan yang disimpan di suhu yang terlalu tinggi takutnya justru akan cepat busuk. 

Jangan Mencairkan Ikan Beku dengan Air Panas

Hindari mencairkan ikan beku dengan air panas. Jika ingin mencairkan ikan yang telah beku, sebaiknya rendam ikan dalam air dingin atau cukup disiram di bawah air mengalir. Diamkan ikan hingga beberapa saat hingga cair sendiri tanpa dipanaskan. Hindari juga membekukan kembali ikan yang sudah cair agar kualitasnya tetap terjaga.

Itulah beberapa tips mudah untuk menyimpan ikan di dalam kulkas. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading