Sukses

Food

Apa itu Makanan Khas Daerah? Cek Di Sini Selengkapnya

Fimela.com, Jakarta Indonesia terdiri dari banyak Pulau dan Provinsi, begitu pula dengan berbagai budaya dan makanan yang memiliki ciri khas dan perbedaan sendiri di setiap pulaunya. Perbedaan inilah yang dapat membuat kita saling mengenal satu sama lain, antar suku dan daerah.

Setiap daerah di Indonesia tentu memiliki makanan khas daerah yang berbeda seperti, Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki makanan khas Gudeg, Bali memiliki makanan Nasi Lawar, Ayam Betutu, Lombok memiliki makanan khas Ayam Taliwang, dan masih banyak lainnya.

Makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia, tentu memiliki penyajian dan cara memasak yang berbeda serta unik. Tapi, apasih sebenarnya makanan khas daerah itu? Cek di bawah ini untuk tahu selengkapnya:

Apa itu Makanan Khas Daerah

Makanan khas daerah menurut Syamsul Rahman dalam “Pengembangan Industri Kuliner Berbasis Makanan Tradisional Khas Sulawesi” makanan khas daerahg memiliki arti sebagai makanan umum yang sudah dikonsumsi pada beberapa generasi terdahulu. Selain itu makanan khas daerah memiliki penyajian dan cara memasak yang berbeda, makanan tersebut juga terdiri dari berbagai hidangan sesuai dengan selera manusia yang tidak bertentangan.

Beberapa makanan khas daerah juga terdiri dari bahan-bahan makanan serta rempah-rempah yang tersedia di berbagai daerah. Tak hanya itu setiap daerah yang memiliki makanan khas daerah tentu dapat menjadikan makanan tersebut sebagai salah satu identitas suatu kelompok masayarakat, agar mudah dikenal serta ditemukan.

Ciri-Ciri Makanan Khas daerah

Adapun beberapa ciri khas dari makanan daerah yang berbeda, perbedaan inilah yang membuat berbagai makanan khas daerah memiliki keunikan dan karakteristik sendiri.

  1. Resep makanan yang sudah dikenali dan disesuaikan secara turun temurun, pada generasi pendahulu.
  2. Penggunaan alat tradisional tertentu, untuk pengolahan dan memasak makanan.
  3. Teknik yang berbeda dari setiap makanan di daerah agar mendapatkan rasa yang khas.

Contoh Makanan Khas Daerah di Indonesia

  • Yogyakarta : Gudeg
  • Jawa Timur : Soto Ayam Ambengan, Rujak, dan Tahu Tek.
  • Bali : Nasi Lawar dan Ayam Betutu.
  • Jawa Barat : Karedok, Gado-gado dan pepes.
  • Sumatera Barat: Rendang.
  • Sumatera Selatan : Empek-empek.
  • Sulawesi : Bubur Jagung, Kaledo, Palumara, dan Uta Kelo.

Itulah pengertian dan ciri dari makanan khas daerah yang perlu kamu tahu, semoga informasi diatas dapat membantu kamu.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading