Apa Makanan yang Bisa Dijadikan Oleh-Oleh Sumatera Utara? Cek Di Sini

Vania Al kautsar07 Jul 2022, 11:17 WIB
Diperbarui 07 Jul 2022, 11:27 WIB
kue bolu suri bika ambon

Fimela.com, Jakarta “Sinanggar Tulo Tulo Atulo…” Siapa disini yang sudah tak asing lagi dengan lagu daerah satu ini? Ya lagu daerah berasal dari Indonesia tepatnya di daerah Sumatera Utara ini, sudah tak asing ditelinga kita. Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki ibu kota Medan.

Berada di pulau Sumatera ternyata pulau Sumatera utara sendiri memiliki jumlah penduduk nomor empat terbanyak di Indonesia. Sumatera Utara sendiri menggunakan lima bahasa yang berbeda dengan dialek yang berbeda yaitu Batak, Jawa, Melayu, Minangkabau, dan Nias.

Banyak sekali wisata yang Indah di daerah Sumatera utara seperti danau Toba, Taman Nasional Gunung Leuser, Tangkahan, dan masih banyak lainnya. Jika berwisata ke Sumatera Utara tentu kita akan membeli oleh oleh dari makanan khas Sumatera Utara sendiri, apa saja sih oleh oleh yang cocok saat berpergian ke Sumatera Utara? Cek di bawah ini untuk tahu selengkapnya:

Kuliner Khas Sumatera Utara

makanan khas indonesia
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Berbicara tentang kuliner khas daerah Indonesia tentu Sumatera Utara juaranya, terdiri dari beberapa daerah tentu membuat Sumatra utara memiliki berbagai macam makanan khas daerah yang berbeda mulai dari Citarasa, keunikan, bahkan cara memasaknya yang berbeda. Tapi, sebelumnya kamu juga perlu mengetahui daerah yang terletak di Sumatera utara terlebih dahulu berikut beberapa daerah di Sumatera utara yang perlu kamu jadikan destinasi wisata:

  • Medan.
  • Binjai.
  • Padangsidempuan.
  • Tanjung Balai.

Nah, kamu juga dapat berwisata di beberapa daerah di Sumatera utara tersebut. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa dijadikan oleh oleh saat berwisata di Sumatera Utara.

1. Bika Ambon

bika ambon
ilustrasi bika ambon/copyright by Maharani afifah (Shutterstock)

Siapa yang tak kenal dengan bika Ambon salah satu makanan khas dari Sumatera Utara sendiri yang dapat kamu jadikan oleh oleh adalah bika Ambon. Makanan yang berwarna kuning satu satu ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang unik seperti sarang lebah, tetapi jika digigit akan terasa sangat kenyal.

2. Bolu Meranti

Hanya bika Ambon ternyata Bolu Meranti sangat cocok untuk jadikan oleh oleh saat kamu berwisata di Sumatera Utara. Bolu Meranti sendiri memiliki Tekstur yang sangat lembut dan menawarkan berbagai macam varian rasa seperti keju, mocca, coklat, nanas, dan kacang.

3. Kue Bohong

kue bohong
Ilustrasi kue bohong./Copyright shutterstock.com/g/Rahmah+Hastuti

Mungkin jika kamu baru pertama kali mendengar namaku ini akan heran yaitu kue bohong. Wee satu ini ternyata dimasak dengan cara digoreng atau orang Sumatra Utara lebih mengenalnya sebagai kue goreng, tetapi untuk rasa kue satu ini cocok dijadikan teman ngemil bersama kopi di pagi hari.

4. Kacang Sihobuk

Berbeda dari kacang yang biasanya kita konsumsi ternyata cara memasak dari kacang Sihobuk sendiri yaitu menggunakan pasir, selain itu memiliki rasa yang renyah dan Gurih. Saat kamu berwisata ke daerah Sumatera sangat cocok untuk membeli kacang Sihobuk sebagai salah satu oleh oleh khas Sumatra utara.

5. Anyang Pakis

urap sayur
Ilustrasi/Shutterstock.com/Ketut Mahendri

Dan yang pagi sendiri merupakan salah satu makanan khas daerah dari Sumatra utara atau lebih tepatnya di daerah Asahan. Seperti namanya anyang pakis sendiri berasal dari tanaman pakis yang diberi punggung berupa Kelapa dari hasil sanggrai. Mungkin jika dilihat sekilas anyang pakis tidak jauh berbeda dari karedok atau urap, tetapi untuk rasa yang Pakis berbeda dari kedua makanan tersebut.

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat kamu jadikan oleh-oleh dari Sumatera Utara. 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela