Sukses

Food

Tips Merebus Bakso Agar Matang Luar Dalam

Fimela.com, Jakarta Salah satu kunci agar bakso terasa lebih nikmat dan menggugah selera adalah tekstur kenyalnya yang pas. Bakso juga terasa semakin nikmat ketika kematangannya pas. Yang artinya, bakso matang luar dalam dengan baik namun tidak terlalu lembek karena proses perebusan yang kelewat lama. 

Untuk memasak bakso, kira-kira berapa lama merebus bakso agar matang luar dalam? Mengenai berapa lama waktu merebus bakso, sebenarnya tidak ada ukuran yang pasti berapa lama waktu yang dibutuhkan. Karena setiap bakso memiliki ukuran waktu berbeda-beda tergantung ukuran bakso dan penggunaan daging di dalamnya. 

Agar bakso yang direbus matang luar dalam dengan lebih baik, ada beberapa tips yang perlu kita lakukan. Berikut tipsnya.

Pemilihan Daging yang Tepat

Tips pertama adalah pemilihan daging yang tepat. Untuk membuat bakso enak, sebaiknya pilih daging sapi yang bebas lemak. Untuk bakso ayam, usahakan agar bakso terbuat dari daging ayam tanpa kulit seperti bagian dada. Sementara untuk bakso seefood, pilih ikan yang berdaging putih. 

Bumbu Bakso

Usahakan untuk menggunakan bumbu bakso yang tepat. Hindari mencampur bakso dengan tepung yang terlalu berlebihan agar rasa bakso dan teksturnya lebih baik. Tambahkan irisan daun bawang dan daun seledri serta bawang merah goreng agar rasa bakso semakin nikmat.

Giling Daging Hingga Benar-Benar Halus

Sebaiknya giling daging untuk membuat bakso hingga benar-benar halus. Bakso dengan adonan yang halus akan lebih mudah dibentuk dan bisa matang merata saat direbus. Adonan bakso yang halus juga lebih mudah dibuat dengan tekstur yang lebih sempurna.

Rebus Bakso Saat Air Mendidih

Saat merebus bakso, pastikan bahwa air untuk merebus bakso sudah panas atau mendidih. Tuang satu persatu bakso yang telah dibentuk ke dalam air. Tunggu beberapa saat hingga bakso mengambang atau mengapun di air bagian atas. Bakso yang mengambang menandakan bahwa bakso telah matang.

Gunakan Api Kecil ke Besar

Saat merebus bakso, sebaiknya gunakan api kecil yang cenderung ke api sedang. Cara ini akan membuat bakso matang merata luar dalam. Jika bakso direbus dengan api besar, dikhawatirkan ini akan membuat bakso cepat matang di bagian luar tapi masih mentah di bagian dalam. 

Itulah beberapa tips merebus bakso. Biasanya bakso menjadi matang setelah direbus kurang lebih 25 - 30 menit. Tapi hal ini tergantung pada besar kecil bakso. Semakin besar bakso yang dibuat, waktu yang dibutuhkan untuk merebus agar matang sempurna bisa saja lebih lama. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading