Sukses

Food

Tips Memasak Pare agar Tidak Pahit

Fimela.com, Jakarta Pare menjadi salah satu bahan makanan yang memerlukan perlakuan khusus untuk memasaknya. Ini mengingat bahwa pare merupakan sayuran dengan cita rasa yang sangat pahit. Saat kita salah mengolah pare, masakan pare yang kita buat akan terasa sangat pahit dan tidak enak. 

Namun ketika kita mengolah pare dengan cara tepat, kita bisa mendapatkan masakan pare dengan cita rasa lebih lezat dan bebas rasa pahit. Berikut adalah tips mudah memasak pare agar tidak pahit.

Pilih Pare Berkualitas Baik

Ketika ingin memasak pare, usahakan untuk memilih atau membeli pare dengan kualitas yang baik. Pare yang berkualitas baik dan cocok untuk dimasak adalah pare yang masih muda tapi tidak terlalu muda. Pare yang baik warnanya dan teksturnya masih hijau segar. Pare ini akan lebih renyah dan enak saat dimasak nantinya.

Balur dan Remas dengan Garam

Sebelum dimasak, sebaiknya pare diiris tipis-tipis. Pare yang telah diiris kemudian baluri dengan rama. Selanjutnya kamu bisa meremas pare dengan garam hingga kadar air dalam pare berkurang banyak. Cuci bersih pare dan kembali remas dengan garam dan cuci kembali hingga pare benar-benar kesat.

Rebus dengan Air Mendidih

Setelah pare diremas dengan garam, usahakan untuk merebus pare dengan air mendidih. Kamu cukup merebusnya kurang lebih selama 2 menit kemudian angkat dan tiriskan. Cuci kembali pare yang telah direbus dan peras airnya sebelum dimasak.

Masak Bersama Bumbu yang Banyak

Agar masakan pare terasa lebih sedap, usahakan untuk memasaknya bersama bumbu yang cukup banyak. Bumbu yang banyak akan membuat cita rasa pare bertambah lezat dan nikmat. Ini juga akan membuat bumbu meresap ke dalam pare dengan baik.

Manfaatkan Daun Jambu Biji

Kamu juga bisa memanfaatkan daun jambu biji untuk menghilangkan rasa pahit pada pare. Caranya adalah rebus pare yang hendak dimasak dengan beberapa lembar daun jambu biji. Setelah pare direbus dan matang, tiriskan pare kemudian peras airnya. 

Itulah beberapa tips memasak pare agar tidak pahit. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba. Masakan pare akan bertambah lezat dan nikmat jika dimasak bersama teri, telur atau bakso yang gurih.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading