Resep Croffle Renyah dan Gurih

0(0)
Gayuh Tri Pinjungwati31 Jul 2022, 08:15 WIB
Diperbarui 31 Jul 2022, 08:15 WIB
croffle

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Saat ini banyak jajanan kaki lima yang menjajakan makanan atau camilan manis seperti croffle. Croffle biasanya menjadi menu andalan di café. Namun, saat ini, kamu dapat menikmati croffle kaki lima di daerahmu. Namun, kamu bisa membuat sendiri, croffle renyah untuk camilan di rumah. Tertarik untuk membuatnya? Yuk, dapatkan resepnya di bawah ini.

Bahan:

  • 250 gr terigu
  • 170 ml susu cair hangat
  • 2 sdt ragi instan
  • 2 sdm gula pasir
  • Sejumpur garam
  • 100 gr butter

Cara Membuat:

Ilustrasi Croffle
Ilustrasi Croffle
  1. Dalam wadah, masukkan terigu dan garam. Di dalam wadah terpisah, campurkan susu, ragi instan dan gula pasir. Aduk rata dan diamkan selama 15 menit hingga tampak berbuih. Tuangkan adonan susu dan ragi di dalam terpung, aduk sampai tercampur rata.
  2. Uleni adonan jangan sampai terlalu kalis. Bulatkan adonan dan kemudian diamkan selama 1 jam dan tutup adonan dengan plastic.
  3. Tuang bahan di alas luas yang sudah ditabur tepung tipis-tipis, uleni adonan maju mundur sampai adonan menyatu saja, tidak perlu sampai kalis. Kurang lebih 5 menit saja sampai mulus.
  4. Kempiskan adonan, kemudian gilas dan olesi permukaan adonan dengan butter. Potong menjadi beberapa bagian. Tumpuk adonan yang telah dipotong.
  5. Lipat adonan menggulung 3 gulungan, kemudian simpan di freezer selama 45 menit. Balik adonan ditengah waktu (20-25 menit) agar dinginnya merata.
  6. Setelah itu keluarkan dari freezer. Tekan adonan perlahan dengan roller perlahan supaya melebar, tidak langsung digiling agar butter dan adonannya tetap terpisah. Setelah itu pipihkan dengan roller perlahan hingga adonan memanjang berbentuk jajar genjang.
  7. Potong menjadi beberapa bagian mengikuti sisi adonan jajar genjang menjadi bentuk segitiga.
  8. Ambil satu bagian adonan, belah tengah bagian bawah tarik ke samping luar sedikit kemudian gulung. Lakukan sampai adonan habis, diamkan 15 menit sampai mengembang.
  9. Gulingkan croffle ke dalam gula pasir, kemudian panaskan cetakan dan panggang croffle hingga berwarna kecoklatan.
  10. Croffle siap disajikan dengan pelengkap selai coklat dan kacang sangrai.

Bingung menyiapkan menu hari ini? Tinggal cari di ManisdanSedap.com, platform yang merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com.

Bukan hanya membantu penggemar kuliner untuk menemukan dan memesan beragam menu PO dari seluruh Nusantara, juga membantu para pemilik UMKM dengan menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'. Tinggal pilih menu yang ingin dipesan lalu klik 'Order Sekarang' yang akan menghubungkan pembeli dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Mudah dan praktis untuk gaet banyak pembeli dari berbagai kota, buruan gabung ke ManisdanSedap.com!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela