Sukses

Food

7 Makanan Tradisional Indonesia yang Wajib Dicoba Saat HUT RI ke-77

Fimela.com, Jakarta Sebentar lagi, masyarakat Indonesia akan merayakan HUT RI ke-77. Dengan nuansa yang berbebda dan lebih leluasa, HUT RI ke-77 dimanfaatkan masyarakat untuk menggelar perayaan khas yang biasanya digelar sebelum pandemi.

Salah satunya Festival Kuliner Lokal 17.8 yang diselenggarakan oleh ShopeeFood yang bertujuan untuk mendukung pengusaha kuliner lokal. Mengusung semangat Hari Kemerdekaan tahun ini, “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, Festival Kuliner Lokal 17.8 merupakan salah satu bentuk upaya ShopeeFood untuk mendorong kebangkitan usaha kuliner tanah air terutama di masa pasca pandemi.

"Hadirnya beragam promo spesial di Festival Kuliner Lokal 17.8 diharapkan juga dapat membantu memfasilitasi kebutuhan para pengguna untuk menikmati pengalaman jelajah kuliner yang menyenangkan, sembari melestarikan cita rasa khas kuliner nusantara dalam merayakan momen Hari Kemerdekaan," ungkap Andreas Christiadi, Brand Marketing Manager ShopeeFood.

Di Festival Kuliner Lokal 17.8 terdapat sejumlah makanan tradisional yang wajib dicoba saat HUT RI ke-77. Ada apa saja?

 

1. Bika Ambon

Siapa yang masih mengira jika kue basah berongga kuning ini berasal dari Kota Ambon? Meskipun ada kata Ambon dalam nama makanan ini, kue Bika Ambon ternyata berasal dari Kota Medan, Sumatra Utara, karena kue ini dijual pertama kali di simpang Jl. Ambon Sei Kera Medan.

Kue Bika Ambon ini sangat cocok jika dijadikan teman minum teh bersama keluarga tercinta sambil menonton film Indonesia favorit. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Medan, kamu dapat memesan Bika Ambon dengan mudah melalui ShopeeFood di Bika Ambon Rica Rico, Bika Ambon BeFond, maupun toko kue lainnya.

 

2. Pempek

Apakah kamu salah satu penggemar olahan ikan khas Kota Palembang ini? Pempek, yang awalnya dikenal dengan nama kelesan, memang sudah menjadi salah satu kuliner lokal favorit masyarakat dari dulu hingga sekarang.

Cita rasanya yang gurih serta dipadukan dengan asam, pedas, manisnya cuko dan segarnya potongan mentimun tentu membuat orang sulit untuk menolak kenikmatannya. Temukan berbagai jenis pempek nikmat di berbagai restoran yang ada di ShopeeFood seperti Pempek Ny. Kamto yang sudah berdiri sejak 1984 hingga Pempek Palembang 08 Asli yang sudah memiliki banyak cabang.

 

3. Asinan Betawi

Jika berbicara tentang kuliner khas nusantara, tak lengkap rasanya jika kita tidak membahas Asinan Betawi. Hidangan yang terdiri dari berbagai sayuran segar, tahu, kerupuk dan kuah bumbu kacang ini menjadi salah satu ikon kuliner Batavia yang masih eksis tak lekang oleh waktu.

Asinan Betawi bisa menjadi kudapan yang dapat dinikmati di waktu senggang bersama keluarga maupun teman-teman. Kamu bisa menemukan Asinan Betawi yang rasanya nikmat dengan harga terjangkau di Asinan Po Nur dan Asinan Sayur & Rujak Juhi (Si Buhun).

 

4. Lumpia Semarang

Siapa sangka jajanan ini lahir dari kisah cinta seorang perantau Tionghoa dengan seorang perempuan Jawa yang menjual makanan serupa? Tjoa Thay Yoe yang pada saat itu menjual makanan khas Tionghoa yang mirip dengan martabak, bertemu dengan Wasi yang juga menjual makanan sejenis.

Alih-alih bersaing, mereka justru saling bertukar resep sampai akhirnya menikah dan menciptakan Lumpia Semarang yang kita kenal sekarang ini. Jajanan khas yang terkenal dengan aroma alami rebung ini bisa kamu temukan di Mr Lumpia dan Lumpia Oppa Bebek yang ada di ShopeeFood. Jangan lupa nikmati bersama acar dan cabai rawit untuk melengkapi cita rasa Lumpia ini ya!

 

5. Jamu

Kata Jamu berasal dari bahasa Jawa kuno, yaitu jampi atau usodo yang berarti penyembuhan menggunakan ramuan obat-obatan atau doa-doa. Minuman tradisional yang satu ini sejak dulu telah memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh masyarakat Indonesia.

Seiring dengan perkembangan zaman, tentunya industri jamu juga turut berkembang. Jika dulu para penjual jamu harus menggendong jamu sambil berkeliling area perumahan, kini jamu juga dijual secara online. Misalnya, kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis jamu dengan khasiat beragam di Jamu Jowo Mbok Wahjuni dan Jamu Gendhong Wong Solo yang ada di ShopeeFood.

 

6. Sate Lilit

Salah satu kuliner asal Bali yang wajib dicoba adalah sate lilit. Makanan yang satu ini juga dikenal sebagai simbol pemersatu masyarakat Bali. Daging yang dililitkan melambangkan masyarakat Bali dan tusuk satenya adalah pemersatu.

Sesuai namanya, sate lilit merupakan campuran daging dengan parutan kelapa, santan, dan beragam rempah yang kemudian dililitkan pada tusukan bambu pipih atau batang sereh, dan dibakar diatas arang. Bagi kamu yang ingin mencoba kenikmatan sate lilit, kamu bisa coba rekomendasi restoran Bali di ShopeeFood seperti Dibaliin dan Halo Bali, lho.

 

7. Ayam Woku

Ini dia rekomendasi yang pas bagi kamu si penggemar pedas! Ya, apalagi kalau bukan Ayam Woku! Makanan khas Manado yang satu ini memiliki cita rasa pedas yang identik dan kaya akan rempah.

Ayam Woku yang disajikan dengan nasi hangat bisa menjadi inspirasi menu utama yang bisa kamu cicipi saat makan bersama dengan keluarga besar maupun teman-teman. Bagi kamu yang ingin mencicipi hidangan ala Manado yang satu ini, kamu bisa coba memesannya di Manadong dan juga Lagijo Manado Ricebox.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading