Sukses

Food

5 Tips ini Bikin Kamu Betah Masak di Rumah

Fimela.com, Jakarta Memasak merupakan salah satu kegiatan asyik yang bisa dilakukan dirumah, namun tidak semua orang dapat menikmati kegiatan tersebut karena berbagai alasan. Kehadiran layanan pesan antar makanan online membuat orang semakin malas dan tidak betah untuk memasak

Banyak yang berspekulasi bahwa memasak hanya buang-buang waktu terlebih pada proses memasak, mencuci dan membersihkan peralatan dapur yang telah digunakan, ditambah makanan yang dibuat belum tentu enak dan sesuai ekspetasi, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dalam memasak. 

Namun, banyak yang tidak tahu bahwa memasak nyatanya dapat memberikan dampak positif seperti yang dilansir dari time.com. Kegiatan memasak tidak hanya membuat diri menjadi lebih sibuk, melainkan dapat memberikan pengalaman yang tidak terlupakan bagi orang yang belum pernah melakukan kegiatan ini sebelumnya.

Tak hanya itu, seorang ahli gizi sekaligus pendiri Tiny Turnips Kitchen, Andrea Kapner mengungkapkan bahwa memasak dan membuat kue menjadi praktik meditasi yang baik, sehinga dapat meredakan stres.

Berikut 5 tips yang bisa dicoba agar betah memasak di rumah.

1. Bersihkan meja dapur

Memiliki meja dapur yang rapi dan bersih membuat siapapun betah untuk melakukan berbagai aktivitas di dapur. Sahabat Fimela harus memastikan dapur bersih setelah selesai digunakan, hal ini bertujuan agar kita tidak malas ketika ingin memasak kembali. 

Adapun kegiatan yang bisa dilakukan untuk membersihkan dapur seperti cuci peralatan masak setelah digunakan, mengelap meja, meletakkan kembali bahan masak atau bumbu ke tempat semula, hingga menyapu dan mengepel lantai setelah memasak. Ketika melihat dapur yang bersih membuat kita tidak lagi malas untuk memasak. 

2. Menata area dapur

Menata area dapur menjadi salah satu tips yang bisa dicoba agar semakin betah untuk memasak di rumah. Biasanya seseorang malas untuk memasak di rumah karena area dapur yang tidak nyaman, sempit, dan terlihat berantakan. Namun, sahabat Fimela dapat mencoba untuk menata area dapur agar dapur terlihat bersih dan rapi.

Berikut tips untuk menata area dapur:

  • Gunakan rak kayu gantung

Sahabat Fimela dapat memanfaatkan dinding kosong untuk menaruh peralatan masak seperti menggunakan rak kayu gantung untuk menyimpan spatula.

  • Susun sesuai kategori

Kategorikan peralatan dapur sesuai dengan jenisnya. Sahabat Fimela dapat mulai dari ukuran dan kegunaanya seperti menyimpan piring di rak khusus piring, hingga menyimpan sendok di laci agar terlihat rapi dan tidak berantakan. 

  • Gunakan kotak penyimpanan

Agar dapur terlihat rapi dan tidak penuh, sahabat Fimela dapat memanfaatkan kotak penyimpanan seperti keranjang untuk menyimpan barang dan makanan kering sehingga tidak berantakan kita kita ingin mengambil sesuatu.

  • Gunakan rak vertikal

Bagi sahabat Fimela yang memiliki dapur kecil dapat menggunakan rak vertikal, kemudian biarkan rak tersebut terbuka atau ditutup dengan pintu kaca agar memudahkan ketika ingin mengambil bahan masak.

3. Lengkapi peralatan dapur

Peralatan dapur yang tidak lengkap menjadi salah satu alasan yang membuat orang tidak betah untuk memasak di rumah. Misalnya, ketika sahabat Fimela ingin memasak chicken steak namun peralatan dapur seperti talenan tidak ada. Hal tersebut dapat mengurangi semangat dan antusias untuk memasak, sehingga sangat penting untuk melengkapi peralatan memasak. Berikut beberapa peralatan masak yang harus ada di dapur seperti:

  • Wajan Pisau
  • Talenan
  • Spatula 
  • Piring
  • Mangkok
  • Sendok 

4. Coba masak makanan menggunakan resep

Tips keempat agar betah memasak di rumah adalah mencoba resep baru. Biasanya ketika memasak dengan resep yang sudah diketahui kita cenderung bosan untuk memasak karena sudah tahu bahan dan langkah-langkah untuk memasak. Namun, agar tidak bosan memasak di rumah, sahabat Fimela dapat mencoba resep baru yang ada di internet atau buku resep untuk memberikan pengalaman masak baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

5. Masak bersama pasangan

Jika sahabat Fimela sering memasak sendiri cobalah masak dengan pasangan selain menambah momen romantis, masak dengan pasangan juga membuat kita betah untuk masak di rumah. Masak dengan pasangan bisa dimulai dengan mencoba resep baru, berbagi tugas untuk memotong bahan, hingga mencuci peralatan masak yang telah digunakan.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading