Sukses

Food

Apa itu Mantau? Cek Resep Mantau Di Sini

Fimela.com, Jakarta Jika dilihat secara langsung mungkin perbedaan antara mantau dengan bakpau tidak jauh berbeda, mantau sendiri merupakan salah satu makanan khas Tiongkok yang banyak digemari di Indonesia. Selain itu makanan satu ini mendapatkan proses alkulturasi sehingga menjadikannya sebagai makanan khas Balikpapan.

Makanan satu ini mungkin akan sedikit berbeda dengan bakpau, mantau terbuat dari tepung gandum dan ragi yang digunakan sebagai bahan pengembang. Perbedaan yang terlihat diantara mantau dan bakpao sendiri adalah kedua isi roti tersebut.

Jika bakpau terkenal dengan berbagai macam isian mulai dari cokelat, keju, bahkan daging. Maka mantau sendiri dibuat polos tanpa isian dialamnya, ini dia resep mantau yang dapat kamu coba di rumah:

 

Resep Mantau Kukus

Bahan-bahan:

  • 235 gr tepung terigu.
  • 15 gr tepung maizena.
  • ¾ sdt ragi instan.
  • 55 gr gula.
  • 170 ml susu.
  • 1 ½ sdm minyak sayur.
  • 8 gr bubuk cokelat.

Cara Membuat Mantau

  1. Langkah pertama, sangra semua bahan kering lalu campurkan dan aduk hingga merata. Kemudian tuangkan susu secara bertahap dan aduk terus.
  2. Lalu uleni adonan sekitar 7 menit, saat adonan sudah kalis lalu bagi adonan menjadi 2 bagian.
  3. Tambahkan bubuk cokelat pada adonan yang pertama, dan uleni hingga warna merata dan kalis kemudian sisihkan. Adonan satunya uleni lagi hingga kalis dan sisihkan.
  4. Kemudian gila masing-masing adonan putih dan cokelat, ukur hingga ketebalan sekitar 0,5 cm dan letakkan adonan cokelat diatas adonan putih dan gulung.
  5. Ketika sudah di gulung, potong adonan dipisahkan menjadi beberapa bagian. Tutup adonan menggunakan kain, lalu biarkan adonan menjadi mengembang.
  6. Siapkan panci untuk mengukus, lalu panaskan menggunakan api sedang, ketika sudah panas, masukkan adonan dan kukus selama 15 menit.
  7. Lalu matikan api, jangan langsung angkat mantau biarkan sejenak agar mantau tidak keriput.
  8. Mantau kukus siap disajikan selagi hangat.

Mantau tentu banyak digemari, karena rasanya yang nikmat dan cara pembuatannya yang mudah dapat dicoba di rumah.  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading