Sukses

Food

Diary Fimela: TD BAKE, Berawal dari Makanan Kesukaan hingga Menjadi Bisnis yang Menguntungkan

Fimela.com, Jakarta Cheesecake merupakan salah satu makanan atau dessert yang selalu diminati oleh banyak orang. Hampir di setiap restoran atau toko kue pasti menyediakan cheesecake dalam daftar menunya. Begitupula dengan Tiara yang sudah menggemari cheesecake sejak kecil. Berawal dari kesukannya terhadap cheesecake, Tiara pun akhirnya mencoba memulai bisnis cheesecake-nya sendiri yang ia beri nama TD BAKE by Tiara.

Bisnis TD BAKE by Tiara ini ia mulai pada tahun 2018 yang berawal dari rasa penasarannya untuk mencoba membuat cheesecake sendiri. Awalnya ia mencoba membuat berbagai macam jenis cheesecake seperti fluffy Japanese cheesecake. Namun, akhirnya ia pun berinisiatif untuk mencoba membuat cheesecake dalam jar yang kemudia ia bagikan ke akun media sosialnya.

Mendapatkan respon yang positif, Tiara akhirnya memutuskan untuk menjadikan cheesecake jar buatannya menjadi peluang bisnis. Namun, bisnis TD BAKE by Tiara ini sempat ia hentikan karena kesibukan kuliahnya. Pada April 2022 lalu, Tiara pun memutuskan untuk kembali membuka bisnisnya lagi karena banyaknya permintaan dari pelanggan yang menyukasi cheesecake jar buatannya itu.

Inspirasi Cheesecake Jar TD BAKE by Tiara

Bisnis cheesecake jar dari TD BAKE by Tiara terinsipirasi dari keinginan Tiara untuk bisa menikmati cheesecake kesukaannya tanpa harus repot membeli. Dalam menjalankan bisnisnya, Tiara membuat semua produknya sendiri dengan resep yang terinspirasi dari situs berbagi video yang kemudian ia racik sendiri adonan cheesecake jar miliknya. Hasil adonan buatannya pun sangat disukai oleh para pelanggan.

Sementara itu, karena melakukan semua proses produksinya sendirian dan alat-alat dapurnya juga masih terbatas, hal ini menjadi sebuah tantangan bagi Tiara. Beruntungnya, ia memiliki satu admin social manager untuk membantunya mengurus orderan cheesecake jar yang datang.

"Sejauh ini tantangannya dalam proses pembuatan cheesecake jar-nya, karena untuk urusan dapur saya masih mengerjakan semuanya sendiri dan kitchen tools nya masih standard aja. Jadi disitu challenge nya. Selain itu soal digital marketing yang saya rasa TD BAKE belum begitu maksimal melakukan digital marketing untuk dapat bersaing dengan online shop produk sejenis," ungka Tiara.

Meskipun Tiara melakukan proses produksi cheesecake jar-nya sendiri, ia telah berhasi menjual sebanyak 1.000 jar cheesecake di tiga bulan pertama pembukaan kembali bisnis TD BAKE by Tiara ini. Hal inilah yang membuatnya semakin semangat untuk memberikan pelayanan memuaskan kepada pelanggannya, salah satunya yaitu dengan menciptakan inovasi rasa baru untuk produk cheesecake jar-nya.

Varian Produk Cheesecake Jar TD BAKE by Tiara

Saat ini, cheesecake jar TD BAKE by Tiara memiliki tiga varian rasa yang memiliki ciri khas kelezatan yang berbeda di tiap variannya. Ketiga varian rasa tersebut adalah Blueberry Cheesecake, Strawberry Cheesecake, dan Oreo Cheesecake.

Tiara juga berencana untuk menambahkan varian rasa baru dan dan dessert baru seperti Chocolate, Tiramisu, serta pastry dalam daftar menu TD BAKE by Tiara milikinya. Beberapa keunggulan dari cheesecake jar TD BAKE by Tiara ini adalah rasanya yang enak, tahan lama, dan juga harganya yang ramah di kantong.

Sesuai dengan visi misinya, Tiara ingin menciptakan produk cheesecake dengan rasa premium, packaging yang bagus serta ramah lingkungan, size-travel friendly tetapi dengan harga yang affordable agar semua orang dapat merasakan kenikmatan cheesecake.

"Karena sebagai pecinta cheesecake, saya sadar cheesecake yang enak itu rata-rata harganya mahal. Jadi saya ingin cheesecake jar TD BAKE By Tiara ini jadi salah satu jawaban masyarakat kalau ingin makan cheesecake yang enak, praktis dan ramah di kantong,” ujarnya.

Tahan selama 2 minggu di kulkas dan 3 hari di suhu ruangan, cheesecake jar TD BAKE By Tiara kini sudah bisa dikirim ke daerah Jadetabek dengan menggunakan Grab Express untuk jarak dekat dan Paxel untuk pengiriman jarak jauh. Jika sahabat Fimela ingin mencoba cheesecake jar TD BAKE By Tiara dapat cek instagram (@td.bake).

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading