Sukses

Food

Tips Menyimpan Telur Rebus Agar Tidak Kuning dan Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Telur merupakan bahan makanan yang digemari oleh hampir semua orang. Telur bisa dimasak dengan berbagai macam cara termasuk dengan cukup merebusnya. Mengenai telur, telur yang masih mentah dan sudah matang memiliki daya simpan yang tak sama. Dibandingkan dengan telur yang sudah matang termasuk telur rebus, telur mentah memiliki daya simpan lebih lama baik di suhu ruang maupun di lemari es. 

Telur mentah bisa disimpan di suhu ruang hingga 1 minggu dan kualitasnya tetap baik. Namun untuk telur matang, itu hanya bertahan hingga satu hari. Penelitian bahkan menemukan jika telur rebus tidak berada di suhu ruang lebih dari satu hari karena ini bisa lebih rentan terhadap bakteri dan menyebabkan sakit. Telur rebus yang disimpan dalam waktu lama juga rentan mengalami perubahan warna pada putih telurnya. Ini bahkan lebih rentan basi atau busuk. 

Namun, jika kita ingin menyimpan telur rebus dalam waktu yang lebih lama dan warnaya tetap segar, bagaimana caranya?

Tips Simpan Telur Rebus

Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan saat menyimpan telur rebus. Berikut beberapa cara tersebut. 

  • Simpan telur bersama cangkangnya. Setelah telur direbus dan matang, diamkan di suhu ruang kurang lebih selama 2 jam kemudian simpan telur di lemari es. Telur rebus yang disimpan di lemari es akan bertahan lebih lama. 
  • Sebelum memasukkan telur ke lemari es, bungkus telur di wadah kedap udara baik itu stoples atau kantong plastik. Cara ini menurunkan risiko telur terjangkit bakteri atau pun virus berbahaya. 
  • Hindari menyimpan telur rebus di pintu lemari es karena suhu pada pintu lemari es bisa berubah saat kita membuka dan menutup pintu. Perubahan suhu ini bisa merusak kualitas telur rebus. 
  • Jika ingin menyimpan telur rebus yang telah dikupas, rendam telur kupas di dalam mangkok atau stoples berisi air matang. Ini akan menjaga kualitas telur tetap baik. Usahakan untuk mengganti air setiap hari.
  • Hindari menyimpan telur rebus bersama bahan makanan lain dengan aroma menyengat. Aroma menyengat ini bisa pengaruhi kualitas telur. 
  • Hindari menyimpan telur rebus di freezer. Ini bisa membuat telur mengeras dan kuning telur pun semakin alot. 

Itulah tips menyimpan telur rebus agar tahan lama dan tidak kuning. Untuk telur rebus, sebaiknya ini tidak disimpan lebih dari satu minggu di lemari es. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading