5 Makanan yang Tidak Boleh Diberikan ke Anak Saat Demam

Mimi Rohmitriasih03 Okt 2022, 15:35 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 15:42 WIB
Anak Demam

Fimela.com, Jakarta Demam pada anak merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi. Meski umum terjadi, setiap orang tua pasti merasa panik dan cemas. Apalagi jika demam ini terbilang tinggi yakni lebih dari 38 derajat celcius. 

Ketika mendapati anak demam, para ahli kesehatan menyarankan agar setiap orang tua tidak terlalu panik. Kepanikan dan kecemasan berlebih justru akan membuat penanganan yang dilakukan pada anak kurang maksimal. Saat anak demam, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan oleh orang tua. Salah satunya makanan yang sebaiknya diberikan dan makanan yang sebaiknya tidak diberikan ke anak.  

Mengutip dari laman healthline.com, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak diberikan ke anak saat ia demam. Apa saja? 

Junk Food

Junk Food dan Makanan Berlemak
Ilustrasi Junk Food Credit: pexels.com/EnginAkyurt

Hindari memberikan junk food atau makanan cepat saji ke anak. Meski enak dna umumnya digemari anak, junk food mengandung kolesterol dan kadar minyak yang tinggi di dalamnya. Konsumsi junk food saat demam justru akan memperburuk kondisi kesehatannya. Ini juga akan membuat anak rentan batuk maupun pilek.

Makanan Kemasan

alergi
ilustrasi anak makan/copyright Rawpixel

Makanan kemasan sebaiknya juga dihindari untuk diberikan ke anak saat ia demam. Makanan kemasan mengandung nutrisi yang tidak sebaik makanan segar. Para ahli mengungkapkan jika makanan kemasan yang telah melalui proses panjang bisa saja mengalami penurunan nutrisi berlebih di dalamnya.

Makanan Pedas

Makanan
Ilustrasi Makanan Pedas Credit: pexels.com/Dana

Makanan pedas juga berisiko buruk buat kesehatan anak yang sedang demam. Makanan pedas bisa meningkatkan risiko batuk berkepanjangan dan sakit tenggorokan pada anak. Makanan pedas juga berisiko memperburuk masalah pencernaan anak.

Minuman Manis dan Bersoda

ilustrasi minuman manis harus dihindari untuk asam urat/pexels
ilustrasi minuman/pexels

Makanan manis dan bersoda juga tidak baik diberikan ke anak yang demam. Anak yang sedang demam dan diberi makanan manis maupun bersoda lebih rentan mengalami sakit berkepanjangan. Ini juga rentan membuat obat yang diberikan ke anak tidak terserap dengan baik ke dalam tubuh anak selama masa pemulihan.

Buah dan Makanan Kering

Kismis
Ilustrasi Kismis Credit: pexels.com/Neva

Aneka buah dan makanan kering sebaiknya juga tidak diberikan ke anak yang sedang demam. Makanan ini mempersulit anak untuk mengunyah. Ini juga memungkinkan anak lebih berisiko tersedak. 

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya tidak diberikan ke anak saat ia demam. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk Mom, lebih bijak dalam memberi asupan nutrisi kepada anak terutama saat anak tak enak badan. 

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela