Sukses

Food

Apa Itu Minyak Canola? Simak Penjelasan dan Manfaatnya di Sini

Fimela.com, Jakarta Dalam memasak, bahan-bahan yang digunakan dalam memasak tentunya harus diperhatikan kandungannya. Hal ini dikarenakan kandungan tersebut nantinya mempengaruhi makanan yang akan kita makan. Oleh karena itu, bahan masakan yang akan digunakan pun harus jelas kandungan dan nutrisinya.

Bahan-bahan tersebut tidak hanya berupa bumbu masakan berupa bumbu rempah-rempah saja, namun juga bahan lainnya seperti minyak goreng yang digunakan. Minyak goreng yang digunakan memang harus diketahui kandungan dan nutrisinya. Jangan sampai kamu menggunakan minyak goreng yang buruk dan tidak layak dikonsumsi.

Salah satu minyak goreng yang sebenarnya memiliki banyak manfaat adalah minyak canola. Minyak canola punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sayangnya minyak ini tidak terlalu populer dibandingkan minyak goreng lainnya. Mungkin karena sulit didapatkan dan harganya cukup bersaing dengan minyak goreng lainnya.

Namun sebenarnya apa itu minyak canola? Apa saja manfaat minyak canola untuk kesehatan? Yuk simak penjelasan mengenai apa itu minyak canola dan manfaatnya berikut ini.

Apa Itu Minyak Canola?

Apa itu minyak canola? Minyak canola adalah jenis minyak nabati yang berasal dari biji tanaman Canola (Brassica napus). Nama canola itu sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari Canada Oil, sebagai negara produsen utamanya. Minyak canola atau kanola mengandung 63 persen lemak tak jenuh tunggal dan asam alfa-linoleat, turunan dari omega-3.

Manfaat Minyak Canola

1. Mengurangi kolesterol jahat

Salah satu manfaat dari minyak canola ialah mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL) dalam darah. Hal ini karena rendahnya kadar lemak jenuh dalam minyak canola.

Tidak hanya itu, kandungan lemak tak jenuh yang tinggi dalam minyak canola mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL) dalam darah.

2. Menyehatkan jantung

Minyak canola juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, kandungan omega-3 dan omega-6 di minyak canola mampu meningkatkan kadar kolesterol baik yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Menjaga gula darah tetap stabil

Lemak tak jenuh yang terkandung di minyak canola tidak hanya berguna untuk kesehatan jantung, tetapi juga dapat membantu menjaga kadar gula darah. Hal ini berarti risiko untuk terkena diabetes akan lebih kecil.

Di samping itu, jika dikonsumsi secara teratur, minyak canola juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin hingga 9%. Manfaat ini dapat dirasakan oleh orang yang kadar gula darahnya tinggi maupun yang kadar gula darahnya normal.

4. Mencegah kerusakan sel

Vitamin E yang terkandung dalam minyak canola bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Hal ini karena vitamin E memiliki sifat antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

5. Mengurangi peradangan

Sebuah studi menemukan bahwa kandungan lemak tak jenuh dalam minyak canola dapat mengurangi risiko terjadinya peradangan. Dengan begitu, risiko munculnya berbagai penyakit kronis juga akan menurun.

Itulah penjelasan mengenai apa itu minyak canola dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading