Sukses

Food

4 Cara Mudah dan Ampuh Hilangkan Bau Amis pada Ikan

Fimela.com, Jakarta Ikan merupakan salah satu jenis daging yang biasa kita olah menjadi berbagai macam hidangan yang lezat dan menggugah selera. Namun seringkali kita menemukan masalah saat mengolah ikan yakni bau amis nya yang menyengat. Meski bagi beberapa orang hal itu biasa saja, namun bagi sebagian lainnya hal itu sangat mengganggu.

Perlu diketahui bahwa bau amis pada ikan terjadi akibat reaksi kimia setelah ikan mati. Ikan yang masih hidup memiliki sejenis komponen bernama trimetilamina oksida (TMAO) yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh ikan. Saat ikan mati, bakteri di dalamnya mengubah TMAO menjadi trimetilamina (TMA), yaitu senyawa penyebab bau amis pada ikan. 

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau amis tersebut. Dilansir dari situs FoodHow.com, berikut ini cara-caranya.

Merendam dengan Susu

Merendam daging ikan dengan susu selama 30 menit sampai 1 jam ampuh menghilangkan bau amis. Hal tersebut terjadi karena susu kaya akan protein bernama kasein, dimana kasein bereaksi dengan senyawa TMA pada ikan. Kasein pada susu akan mengikat TMA sehingga akan luruh bersama saat saat ikan dibilas dengan air bersih. Setelah merendam dan membilasnya kembali dengan air barulah ikan siap untuk dimasak. 

Merendam dengan Perasan Lemon/Air Cuka

TMA termasuk ke dalam senyawa basa sehingga akan bereaksi pada asam. Beberapa zat asam yang mudah kamu temukan adalah air perasan lemon, jeruk nipis, ataupun air cuka. Cukup campurkan dua sendok makan cuka putih atau jus lemon dengan 3 gelas air dingin lalu rendam ikan di dalamnya selama sekitar 15-30 menit. Kemudian bilas ikan dengan air bersih lalu masak seperti biasa.

Balur dengan Tepung Maizena

Cara ini sudah terkenal di kalangan orang Jepang. Mereka biasa memanfaatkan tepung maizena untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan udang. Hal ini terbukti efektif sebabkan bau amis menghilang secara signifikan. Cara mengaplikasikannya cukup mudah, balur potongan ikan dengan tepung maizena. Setelah tertutup tepung dengan rata diamkan daging ikan selama beberapa menit. Terakhir bilas dengan air. 

Tambahkan Banyak Rempah

Tekstur daging ikan yang lembut mudah sekali menyerap rasa dari rempah-rempah. Oleh karenanya menutupi bau amis ikan dengan menggunakan rempah sangat ampuh dan juga akan menghasilkan rasa lezat sebab kandungan rempah meresap hingga ke dalam daging. 

Cara di atas sangat mudah bukan? Kamu bisa menerapkannya agar ikan yang akan kamu olah tidak lagi berbau amis. Selamat mencoba!

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading