Resep Bandrek Minuman Hangat khas Jawa Barat

Fimela Reporter27 Nov 2022, 18:45 WIB
Diperbarui 27 Nov 2022, 18:45 WIB
bandrek wedang jahe susu

Fimela.com, Jakarta Indonesia memang negeri yang kaya akan ragam budayanya. Salah satu bukti bahwa Indonesia kaya akan ragam budaya adalah terdapat banyaknya kuliner khas Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khasnya masing-masing yang bahkan dijadikan kebanggaan dan ikon oleh daerah tersebut. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak kuliner khas yang lezat adalah Jawa Barat.

Jawa Barat memang memiliki banyak kuliner yang lezat mulai dari makanan berat, jajanan, hingga minuman. Salah satu minuman yang populer yang berasal dari Jawa Barat adalah Bandrek. Minuman ini diketahui sudah ada sejak abad 10 hingga abad ke 20. Dulunya bandrek merupakan salah satu minuman yang dianggap mewah. Ini dikarenakan rempah-rempah merupakan komoditas primadona di zaman kolonial. Bandrek menjadi salah satu minuman dengan harga tinggi karena minuman ini terbuat dari berbagai macam rempah-rempah.

Namun pada abad 19 sampai 20, komoditas rempah-rempah mulai meredup karena tergantikan dengan komoditas lain seperti kopi, teh, dan gula. Meredupnya komoditas rempah-rempah membuat bandrek bukan lagi menjadi minuman yang bergengsi. Bandrek pun makin jarang dikonsumsi masyarakat. Hanya sebagian orang saja yang masih mengkonsumsi bandrek khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah pegunungan dengan iklim sejuk karena bandrek merupakan minuman yang bisa membantu menghangatkan tubuh.

Meskipun pernah redup, belakangan ini bandrek kembali digemari oleh masyarakat tidak hanya oleh masyrakat di tanah Sunda namun di beberapa wilayah di Indonesia. Di beberapa tempat, bandrek tidak hanya minuman yang terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, banyak orang yang melakukan inovasi pada minuman ini. Banyak orang yang membuat variasi bandrek dengan berbagai isian di dalamnya.

Selain membantu menghangatkan tubuh bandrek juga memiliki beberpa manfaat untuk kesehatan. Kandungan jahe dalam bandrek dapat membantu meringankan gejala flu dan batuk, mengatasi rasa mual, meredakan peradangan dan pusing.

Untuk sahabat Fimela yang sedang mencari minuman yang cocok untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin atau saat hujan, maka kamu bisa menjadikan minuman khas Sunda ini sebagai pilihan. Minuman ini bisa kamu buat dirumuah karena bahan-bahannya yang cukup mudah ditemukan dan cara membuatnya yang gampang. Berikut merupakan resep membuat bandrek serta cara membuatnya, simak baik baik ya!

Bahan-bahan

Jahe
Ilustrasi jahe sebagai salah satu bahan untuk membuat bandrek (iStockphoto)
  • 80 gram jahe bakar, digeprek
  • 3 batang serai, digeprek
  • 350 gram gula merah, sisir halus
  • 1 liter air
  • ½ sdm garam
  • 1 lembar daun pandan, ikat simpul
  • Susu kental manis, sesuaikan dengan selera

Cara Membuat

  1. Rebus air dalam panci, masukkan gula merah, tunggu hingga mendidih.
  2. Setelah mendidih, masukkan jahe, daun pandan, dan batang serai, aduk sesekali.
  3. Masukkan garam ke dalam panci, aduk hingga merata, lalu tes rasa.
  4. Jika rasanya sudah pas, matikan kompor, angkat bandrek dan saring. Masukkan ke dalam teko.
  5. Untuk tahap terakhir, kamu bisa menambahkan susu kental manis sesuai selera saat hendak meminum bandrek di dalam gelas sajimu. Bandrek siap dinikmati.

Itulah resep dan cara membuat bandrek. Mudah bukan? Selamat mencobanya dirumah ya sahabat Fimela.

 

Penulis: Diah Ayu V.

 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela