Tips Menggoreng Ikan Lele agar Tidak Lengket

Endah Wijayanti24 Nov 2022, 07:15 WIB
Diperbarui 24 Nov 2022, 07:15 WIB
ikan lele goreng

Fimela.com, Jakarta Ikan lele bisa diolah jadi ragam sajian yang enak dan sedap. Umumnya, ikan lele dimasak dengan cara digoreng untuk dinikmati dengan sambal dan sayur lalapan. Hanya saja kadang permasalahan yang sering dihadapi ketika menggoreng ikan lele adalah ikan yang lengket dalam proses penggorengan.

Agar tidak lengket, bagaimana cara menggoreng ikan lele yang tepat? Berikut tips dan cara yang bisa diikuti agar menggoreng ikan lele bisa terasa lebih mudah.

1. Gunakan Minyak yang Banyak

Minyak yang digunakan sebaiknya cukup banyak. Dalam artinya, ikan lele bisa terendam sempurna di dalam minyak sehingga permukaan ikan semuanya terlapisi minyak. Penggunaan minyak yang banyak bisa mencegah minyak meletup saat proses penggorengan.

 

 

2. Biarkan Satu Sisi Ikan Matang Lebih Dulu

ikan lele goreng
ilustrasi ikan lele goreng/copyright by Ika Raha H (Shutterstock)

Dalam proses menggoreng ikan lele, jangan buru-buru membaliknya. Pastikan satu sisi ikan matang lebih dulu dan agak kering. Setelah satu sisi matang, baru balik sisi satunya. Dengan begini, ikan tidak lengket di wajan.

3. Gunakan Penggorengan Anti Lengket

Penggunaan wajan atau penggorengan anti lengket akan memudahkan proses penggorengan ikan lele. Intinya tetap pastikan satu sisi ikan matang lebih dulu sebelum membaliknya.

Menggoreng ikan lele agar tidak lengket sebenarnya cukup mudah dilakukan. Semoga cara dan tips di atas bermanfaat, ya agar lebih bersemangat memasak.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela