Sukses

Food

Tips Membeli Ikan Segar dan Berkualitas di Pasar

Fimela.com, Jakarta Ikan menjadi salah satu bahan makanan yang penting untuk dikonsumsi sehari-hari. Ikan tak hanya enak tetapi juga memiliki nutrisi yang baik utnuk tubuh. Ikan bahkan dipercaya sebagai salah satu makanan terbaik yang sebaiknya diberikan ke anak-anak. Ikan mengandung omega 3 yang bisa meningkatkan kecerdasan. Menariknya lagi, ikan bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. 

Tapi Sahabat Fimela, meski ikan sangat baik untuk tubuh, tidak semua ikan baik ya. Ikan segar dan berkualitas akan memiliki manfaat yang lebih mengesankan. Namun, bagaimana cara untuk mendapatkan ikan segar dan berkualitas? Apalagi jika kita tak punya kolam ikan sendiri di rumah. Berikut adalah beberapa tips membeli ikan segar dan berkualitas di pasar atau pusat perbelanjaan.

Perhatikan Mata Ikan

Cara pertama untuk memilih makan ikan segar dan berkualitas yakni melalui mata ikan. Mata ikan yang bening dan segar menandakan bahwa ikan masih segar. Berbeda dengan mata ikan yang sudah memutih atau memerah, ini menunjukkan ikan sudah tak segar lagi. Ikan yang baru diangkat dari air akan memiliki mata yang bening dan tampak segar.

Cek Insang Ikan

Selain dilihat dari matanya, ikan segar juga bisa dilihat dari insangnya. Insang ikan yang masih segar dan berwarna merah menandakan ikan masih segar serta berkualitas. Insang ikan yang segar juga nyaris tak berbau. Ikan yang sudah layu biasanya insangnya berwarna pucat dan baunya sangat amis bahkan cenderung busuk.

Tubuh Ikan Kencang

Ikan yang masih segar memiliki tubuh yang kencang. Ini bisa dilihat dengan mengangkat tubuh ikan. Tubuh ikan yang masih kencang dan tetap lurus saat diangkat menandakan ikan masih segar dan berkualitas.

Cek Sisik dan Sirip Ikan

Ikan yang masih segar memiliki sisik dan sirip yang utuh. Ikan segar juga menampakkan sisik yang mengkilap, bening serta keras. Berbeda dengan ikan yang sudah lama, sisik dan siripnya berwarna pucat bahkan sebagian telah lepas.

Cek Daging Ikan

Ikan yang masih segar memiliki daging yang cerah. Daging ikan juga tampak fresh dan kencang. Ini berbeda dengan ikan yang sudah lama atau layu, dagingnya cenderung berwarna pucat, lebih lembek dan sudah lepas dari duri. 

Itulah beberapa tips membeli ikan segar dan berkualitas di pasar. Ikan segar biasanya juga lebih kenyal, tidak berbau menyengat dan kondisi perutnya masih kencang. Semoga tips ini bermanfaat dan jangan salah lagi dalam memilih ikan yang segar di pasar.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading