Sukses

Food

Apa Bedanya Susu Kental Manis dan Susu Evaporasi? Simak Penjelasannya di Sini

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak kenal susu kental manis? Susu kental manis, atau disingkat SKM, adalah susu sapi yang airnya dihilangkan dan ditambahkan gula sehingga menghasilkan susu yang sangat manis rasanya dan dapat bertahan selama satu tahun bila tidak dibuka. Susu kental manis sering ditambahkan pada hidangan penutup, seperti kue atau minuman es.

Perlu diingat bahwa susu kental manis bukanlah minuman. Banyak yang beranggapan kalau susu kental manis adalah susu yang disajikan dengan air putih kemudian diminum. Namun sebenarnya susu kental manis adalah pemanis yang dijadikan topping untuk beberapa makanan misalnya roti.

Ada juga istilah susu evaporasi. Banyak yang mengira bahwa susu evaporasi dan SKM adalah hal yang sama. Namun sebenarnya keduanya berbeda. Apa perbedaannya? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apa Bedanya Susu Kental Manis dan Susu Evaporasi?

1. Kandungan Gula

Perbedaan utama antara kedua jenis susu kalengan ini adalah kandungan gulanya. Seperti namanya, SKM selalu diberi pemanis, sementara susu evaporasi tidak. Dalam proses pembuatan SKM, gula ditambahkan ke dalamnya setelah 60 persen kandungan air dalam susu dihilangkan. Setelah itu, susu dikemas di dalam kaleng. Kandungan gulanya sendiri sekitar 40 hingga 45 persen.

2. Rasanya

Karena kandungan gula dalam SKM lebih tinggi daripada susu evaporasi, maka SKM memiliki rasa yang lebih manis dari susu evaporasi. Susu evaporasi sendiri memiliki rasa yang gurih.

 

3. Penggunaannya

Jika SKM biasa digunakan untuk membuat hidangan penutup bercita rasa manis, seperti pie, puding, es krim atau pemanis kopi dan teh, susu evaporasi lebih sering digunakan untuk memasak, karena cita rasanya yang gurih. Sebut saja sup, aneka saus creamy dan masih banyak lagi.

4. Kandungan Nutrisinya

Jika susu kental manis disarankan untuk tidak terlalu sering dikonsumsi, hal ini dikarenakan jumlah kandungan gulanya yang terbilang sangat tinggi. Namun berbeda dengan susu evaporasi yang diklaim memiliki manfaat bagi kesehatan. Susu ini masih memiliki kandungan yang sama dengan susu segar. Susu yang telah melalui penguapan ini tidak mengalami penyusutan kandungan nutrisi. Kandungan protein dan lemak dalam susu evaporated tetap dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Kandungan kalsium, fosfor, dan senyawa lainnya dalam susu jenis ini juga masih terjaga.

Nah itu dia 4 perbedaan antara susu kental manis dan susu evaporasi. Semoga setelah ini kamu tidak lagi bingung membedakannya ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading