Sukses

Food

Apa Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan? Simak Penjelasannya di Sini

Fimela.com, Jakarta Siapa sih, yang tidak kenal sawi hijau? Sayuran hijau yang satu ini pasti sudah dikenali banyak orang. Apalagi jika kamu terbiasa di dapur, kamu pasti sudah familiar dengan sayur yang satu ini.

Selayaknya sayuran yang lainnya, sawi hijau juga bisa diolah menjadi berbagai olahan makanan. Sawi hijau bisa diolah menjadi sup, ditumis, atau diolah menjadi makanan lainnya.

Tidak hanya bisa diolah menjadi berbagai makanan, sawi hijau pun juga punya berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat sawi hijau? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Menangkal radikal bebas

Salah satu manfaat sawi hijau yang pertama yaitu sebagai antioksidan bagi tubuh. Antioksidan adalah senyawa yang memiliki fungsi untuk memerangi efek negatif yang berasal dari radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel tubuh seseorang. Bahkan, jika tidak ditangani secara serius, efek jangka panjangnya dapat merusak fungsi dan jaringan vital tubuh dan bisa memicu penyakit serius seperti kanker dan diabetes. Salah satu kandungan pada sawi hijau, yaitu glutathione, vitamin C, dan vitamin A, serta dapat berperan sebagai antioksidan bagi tubuh.

2. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Pola makan yang tidak sehat serta polusi yang tersebar di sekitar pastinya bisa menjadi racun bagi tubuh kita. Nah, sawi hijau sendiri bisa berperan sebagai detoksifikasi alami karena mengandung antioksidan yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh dan membuangnya melalui proses buang air besar. Turunan klorofil dalam sawi hijau juga bermanfaat untuk menetralkan logam berat dan bahan kimia yang ada dalam tubuh, sehingga tubuh pun dapat lebih sehat dan terbebas dari racun. 

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kadar kolesterol yang tinggi tentunya berperan besar pada risiko penyakit jantung. Apalagi, kolesterol jahat kerap menumpuk di pembuluh darah dan dapat menyebabkan arteri menyempit, sehingga mengganggu peredaran darah ke jantung. Dengan mengonsumsi sayuran hijau, kolesterol baik dapat diubah menjadi asam empedu yang dapat membantu memecah lemak dalam makanan. Dengan begitu, jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dapat ditekan.

4. Kaya akan serat

Makanan kaya akan serat tentunya dapat membuat tubuh lebih kuat dalam menjalankan aktivitas. Serat akan diubah menjadi energi, sehingga kamu memiliki tenaga dan lebih siap beraktivitas. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi sawi hijau atau jenis sayuran hijau lainnya cenderung lebih sehat dan terjaga dari penyakit seperti kanker usus besar, wasir, sembelit, serta kolesterol.

5. Sumber fitokimia, glukosinolat, dan fenol

Sayuran berdaun hijau adalah sumber fitonutrien. Kandungan ini dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Glukosinolat dan fenol yang berlimpah pada sawi hijau juga akan memproteksi tubuh dari dalam. 

6. Menjaga kondisi tubuh tetap fit

Sawi hijau mengandung Vitamin C yang bertindak sebagai vasodilator dan antioksidan untuk mencegah tubuh dari kerusakan sel, sehingga dapat memperkuat dan mencegah timbulnya penyakit seperti kanker. Vitamin C juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi penyakit dan virus. Untuk itu, saat musim hujan dan pancaroba tiba, pastikan kamu mengkonsumsi sawi hijau dalam menu makanan kamu.

 

7. Mengobati psoriasis

Psoriasis adalah peradangan yang terjadi pada kulit. Penyakit ini ditandai dengan ruam merah, kulit terasa kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas. Terkadang juga ditandai dengan rasa gatal dan nyeri. Psoriasis kerap muncul di daerah sekitar lutut, siku, punggung bagian bawah, bahkan kulit kepala.

Kandungan sawi hijau dinilai mampu berperan dalam memfasilitasi stimulasi enzim, seperti superoksida dismutase dan katalase yang dapat menenangkan peradangan dan memberikan efek pereda nyeri pada orang yang menderita psoriasis.

 

8. Mengatasi gangguan pernafasan

Sawi hijau merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Bahkan, sayuran ini dapat memproteksi tubuh dari beberapa infeksi virus gangguan pernapasan seperti flu dan pilek. Vitamin C yang dimilikinya juga mampu membantu meringankan radang sinus dan mengurangi risiko asma.

9. Baik untuk kesehatan tulang

Vitamin K juga dinilai lebih unggul daripada kalsium dalam hal menjaga kepadatan tulang. Sawi hijau sendiri mengandung hingga 524% asupan Vitamin K dari nilai harian yang dibutuhkan oleh orang dewasa. Faktanya, banyak orang dewasa yang kekurangan vitamin K. Hal ini tentu bisa memicu berbagai penyakit degeneratif tulang. Oleh karena itu, mengonsumsi sawi hijau secara rutin sangat baik untuk kesehatan tulang serta mampu menjaga kepadatan tulang baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Salah satu olahan sawi hijau adalah tumis sawi. Agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal, yuk coba buat tumis sawi!

Resep Tumis Sawi

Bahan-bahan:

  • 1 ikat sawi hijau
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 4 buah cabai rawit
  • 1/2 sdt terasi
  • gula, garam dan lada bubuk secukupnya
  • air dan minyak secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong-potong sawi hijau dan cuci bersih.
  2. Iris tipis bawang putih dan bawang merah. Panaskan minyak secukupnya, tumis dua bawang hingga harum.
  3. Masukkan cabai rawit yang sudah dipotong-potong serong dan terasi, tumis sebentar.
  4. Jika sudah mulai kecokelatan, masukkan sawi hijau, tumis hingga agak layu.
  5. Masukkan garam, gula dan lada bubuk secukupnya. Aduk rata. Tuang sedikit air jika terlalu kering. Tes rasa, jika sudah pas dan sawi empuk, angkat.
  6. Sajikan tumis sawi hijau sederhana bumbu bawang terasi dengan nasi hangat dan lauk favorit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading