Sukses

Food

5 Tips Membuat Semur Daging Empuk dengan Cara Mudah

Fimela.com, Jakarta Semur daging yang paling enak selain pakai racikan bumbu yang pas, dagingnya perlu punya tekstur yang empuk. Kalau dagingnya alot, sajian semur daging jadi kurang sedap. Bagi yang baru belajar memasak atau ingin memastikan daging bisa empuk, ada lima tips membuat semur daging empuk yang bisa dicoba.

Lima tips membuat semur daging empuk ini cukup mudah dan sederhana untuk diikuti. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Buang Lemak Daging

Saat menyiapkan daging yang akan digunakan untuk semur, iris bagian putih pada daging atau bagian lemaknya. Daging tanpa lemak akan lebih enak dan empuk untuk dijadikan semur. Iris tipis daging berlawanan arah dengan tekstur daging agar cepat empuk ketika dimasak.

 

 

2. Daging Direbus Dulu dengan Nanas

Daging yang akan dibumbui bisa lebih dulu direbus. Tambahkan irisan buah nanas dalam rebusan. Caranya mudah, rebus dahulu daging hingga mendidih, lalu tambahkan potongan buah nanas sepanjang jari telunjuk untuk 1-2 kg daging sapi atau kambing. Setelah daging empuk, bisa langsung diangkat dan ditiriskan. Lalu, diolah dan dimasak menjadi sajian semur.

 

 

3. Gunakan Teknik Perebusan Hemat Gas

Ada teknik merebus daging agar cepat empuk yang hemat gas. Namanya teknik 5-30-7. Caranya mudah, yaitu rebus daging dengan air mendidih selama 5 menit. Lalu, matikan kompor dan tutup panci dan diamkan selama 30 menit kemudian rebus lagi daging selama 7 menit. Teknik ini bisa dipakai untuk memasak semur daging yang tidak terlalu banyak.

 

 

4. Daging Direbus dengan Panci Presto

Daging yang akan diolah menjadi semur bisa direbus dulu pakai panci presto. Biasanya 1-2 kg daging akan cepat empuk jika dipresto selama 30 menit setelah uap panasnya berbunyi. Daging yang sudah direbus pakai panci presto bisa langsung dimasak dengan bumbu semur.

 

 

5. Bungkus Daging dengan Daun Pepaya

Siapkan daun pepaya untuk membungkus atau membalut daging sapi yang akan dimasak jadi semur. Daun pepaya bisa berfungsi mengempukkan daging dengan cukup mudah. Jadi, daging yang akan dimasak dibungkus dulu dengan daun pepaya kemudian didiamkan sekitar 45 menit. Setelah itu daging bisa dipotong atau diiris untuk diolah menjadi semur.

Itu tadi lima tips membuat semur daging empuk yang bisa dicoba. Semoga infonya bermanfaat, ya!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading