Sukses

Food

4 Cara Mengetahui Buah Alpukat yang Bagus dan Jelek

Fimela.com, Jakarta Jika beli buah alpukat di pasar atau toko buah mungkin kamu perlu lebih jeli untuk menentukan mana alpukat yang bagus dan mana yang jelek. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengetahui mana alpukat yang bagus dan jelek. Seringkali jika dilihat dari luarnya saja, kita tidak akan tahu bagaimana isinya. Lalu bagaimana caranya agar bisa mengetahui buah alpukat yang berkualitas baik dan kualitas jelek? Berikut ini tipsnya.

1. Lihat pangkal tangkainya

Buah alpukat memiliki pangkal yang lebih mengkerucut atau kecil di ujungnya. Di bagian 'pantat' inilah kamu bisa menentukan apakah buah alpukat sudah matang atau belum. Jika mudah dipotek atau digoyangkan, berarti alpukat sudah matang. Dari sini juga kita bisa melijat kira-kira seperti apa daging buahnya. Jika dilepas tangkainya dan berwarna hijau muda, kemungkinan besar daging buahnya bagus.

2. Rasakan di tanganmu

Alpukat yang matang umumnya cukup empuk ketika sedikit ditekan. Akan lebih baik langsung membeli alpukat yang cukup empuk ketika ditekan tapi masih padat. Jika tidak berencana menyimpan alpukat lebih lama di rumah, cara ini paling efektif digunakan karena kamu bisa langsung makan alpukat yang matang, jangan menunggu berhari-hari karena dikhawatirkan akan busuk. Jika ditekan terlalu empuk, bisa jadi buahnya sudah jelek.

3. Pilih jenis yang baik

Alpukat memiliki banyak jenis, akan lebih baik membeli yang jenis yang bagus misalnya alpukat mentega. Dari warna kulitnya harus mengkilap, cerah dan terlihat padat segar, tidak layu dan kusam. Hindari membeli alpukat yang sangat keras jika kamu tidak yakin sudah ranum atau belum. Banyak orang memastikan kualitas alpukat dari suara bijinya yang ada di dalam. Katanya jika digoyang mengeluarkan bunyi benturan di dalam, maka itu alpukat kualitas bagus. Sayangnya, cara ini tidak selalu tepat.

4. Pilih yang warna kulitnya merata

Jika memilih alpukat, pilih yang warna kulitnya merata. Jika ada bintik-bintik atau di beberapa bagian menghitam dan coklat, itu tanda alpukat sudah tidak bagus. Pilih juga yang tidak terlalu lonjong bagai botol. Pilih yang bentuknya proporsional untuk menghindari alpukat yang berserat, berulat dan pahit.

Itu dia sekian cara mengetahui buah alpukat berkualitas bagus atau jelek.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading