Sukses

Food

4 Tips Memasak Sayur Bayam yang Sehat

Fimela.com, Jakarta Sayur bayam memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Mengonsumsinya secara rutin juga bisa membantu menjaga tubuh agar tidak gampang sakit. Agar kandungan vitaminnya tetap terjaga dengan baik, ada sejumlah tips memasak sayur bayam yang perlu diperhatikan.

Berikut ini ada empat tips memasak sayur bayam yang bisa diikuti untuk memastikan olahan sayur bayam enak dan bergizi. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Didihkan Air Terlebih Dahulu

Kalau mau memasak sayur bayam berkuah, usahakan bahan kuah atau air sudah dalam keadaan mendidih. Setelah itu, baru masukkan sayur bayam. Proses perebusan cukup sekitar dua menit saja agar kandungan nutrisinya tetap terjaga. Sayur bayam yang direbus lebih dari empat menit biasanya kandungan asam folatnya akan berkurang hingga setengah.

2. Hindari Proses Pemanasan Berulang

Sayur bayam yang dipanaskan ulang dan didiamkan terlalu lama cenderung bisa berubah menjadi hitam atau hijau gelap. Setelah sayur bayam diolah atau dimasak, ada baiknya segera dikonsumsi. Usahakan tidak menghangatkan atau memanaskannya kembali untuk dikonsumsi lagi.

 

 

3. Sayur Bayam Dimasukkan di Tahap Terakhir

Saat membuat tumisan atau sayur bening, bayam sebaiknya dimasukkan setelah semua bahan dan bumbu matang serta kuah mendidih. Dengan kata lain, bayam dimasukkan di proses paling akhir memasak. Dengan cara ini, sayur bayam tidak akan terlalu lembek dan warnanya bisa tetap segar.

4. Gunakan Api Sedang saat Memasak

Saat memasak bayam, disarankan menggunakan wajan atau panci stainless steel. Jenis wajan ini biasanya membuat makanan lebih cepat matang, sehingga mencegah bayam berubah warna. Saat memasak sayur bayam, gunakan api yang cenderung sedang atau besar. Sehingga proses perebusan tidak terlalu lama agar kesegaran sayur bayam bisa tetap terjaga.

Itu tadi empat s memasak sayur bayam yang perlu diperhatikan. Semoga infonya bermanfaat dan semoga suka, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading