Sukses

Food

5 Resep Sayur Wortel Praktis Cocok untuk Diet dan Turunkan Kolesterol

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Wortel adalah salah satu sayuran berwarna oranye yang kaya kandungan gizi dengan ciri khas manis yang enak. Wortel bukan hanya bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh tapi juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga tubuh lebih sehat. Jika ingin mencoba menyajikan menu sayur wortel yang enak dan sehat, ini beberapa resep yang bisa dicoba.

1. Resep Telur Dadar WortelBahan:3 butir telur ayam2 buah bakso sapi2 batang daun bawang3 cm wortel1 sdt garamsejumput kaldu bubukminyak secukupnya

Cara membuat:Iris tipis bakso dan daun bawang. Serut wortel agar tidak terlalu tebal. Bisa juga dicincang kecil.Kocok telur di dalam mangkuk, masukkan semua bahan ke dalamnya. Tuang minyak secukupnya di teflon, goreng telur hingga matang. Angkat.Potong-potong dan siap dinikmati dengan saus dan nasi hangat.

2. Resep Orak Arik Telur Kubis Wortel

Bahan:2 lembar kubis1 batang wortel1 butir telur1 sdm saus tiram1 sdm kecap manis1/2 sdt lada bubuk1 siung bawang putih1 siung bawang merahgaram dan gula secukupnyaminyak secukupnyaair secukupnya

Cara membuat:Iris tipis kubis dan korek api wortel. Iris tipis bawang putih dan bawang merah. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan matang. Masukkan kubis dan wortel, tuang air secukupnya. Masak hingga sayuran empuk.Sambil menunggu, kocok telur, goreng orak-arik, sisihkan.Jika sayur sudah matang, masukkan telur orak-arik, aduk rata.Masukkan saus tiram, kecap manis, lada bubuk, garam dan gula secukupnya, aduk rata. Tunggu hingga bumbu meresap atau sampai airnya habis. Tes rasa, jika sudah pas, angkat.Sajikan orak-arik telur kubis wortel dengan nasi hangat.

3. Resep Tumis Jamur Wortel

Bahan

250 gram jamur tiram2 buah wortel, iris panjang½ butir bawang bombay, iris tipisMinyak goreng, secukupnyaBumbu

3 siung bawang putih, cincang halus3 siung bawang merah, cincang halusGaram, lada bubuk dan penyedap (secukupnya)Cabai rawit, cincang kasar (secukupnya, jika suka pedas)

Cara membuat:Cuci bersih jamur tiram dan peras airnya. Potong-potong sesuai selera dan buang akarnya. Iris bulat tipis wortel. Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah dan cabai hingga layu serta harum. Tambahkan irisan bawang bombay, tumis hingga layu. Masukkan jamur dan wortel ke dalam tumisan bawang. Aduk rata. Tambahkan garam, lada bubuk dan penyedap masakan. Aduk rata semua bahan. Tambahkan sedikit air, masak semua bahan hingga matang dan bumbu meresap. Koreksi rasa, angkat tumis jamur wortel yang sudah matang. Sajikan.

4. Resep Tumis Wortel Tauge Saus Tiram

Bahan-Bahan200 gram toge1 buah wortel besar, kupas dan potong memanjang1 blok tahu goreng, potong dadu2 batang daun bawang, iris1 buah cabai hijau besar, iris serong2 buah cabai merah, iris serong4 buah cabai rawit merah, iris3 siung bawang putih, rajang4 butir bawang merah, rajang3 sdm saus tiramgaram, gula, dan kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.

2. Masukkan cabai hijau, cabai rawit, dan cabai merah. Tumis sebentar.

3. Masukkan wortel. Tumis sebentar hingga agak layu.

4. Masukkan daun bawang, toge, dan tahu goreng. Aduk rata.

5. Tambahkan gula, garam, kaldu bubuk, dan saus tiram. Koreksi rasa.

6. Setelah semua matang dan bumbu meresap. Angkat dan sajikan.

5. Sayur Tumis Wortel Bumbu Bawang

Bahan:

2 buah wortel ukuran sedang, kupas dan potong-potong tipis1 siung bawang putih, haluskan2 siung bawang merah, haluskan1 batang daun seledri, cincang1 sdt gula1/2 sdt garam dan lada bubuk sejumputkaldu bubukCara Membuat:Tumis bawang hingga harum dan matang.Masukkan wortel dan tuang sedikit air, masak hingga matang.Masukkan gula, garam, lada bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk rata.Taburkan potongan daun seledri dan aduk rata. Angkat.Tumis wortel bumbu bawang sederhana siap sajikan hangat.

Yuk coba semua resep wortel di atas untuk menu sayur sehat dan menurunkan kolesterol.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading