Sukses

Food

Cara Menghilangkan Bau Amis Kikil, Rebus dengan Bahan Ini

Fimela.com, Jakarta Kikil sapi punya rasa dan tekstur yang sangat khas. Ragam menu dan masakan yang berbahan kikil pun punya cita rasa istimewanya sendiri. Hanya saja salah satu persoalan yang kerap dihadapi saat mengolah kikil adalahnya baunya yang agak amis.

Untuk menghilangkan bau amisnya, kikil bisa direbus lebih dulu. Dengan proses perebusan yang tepat, kikil bisa lebih empuk juga. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Cuci Kikil dengan Air Mengalir

Kikil yang masih segar biasanya berwarna kuning cerah. Mungkin ada lendirnya tapi tidak berbau busuk. Kalau masih ada bulu-bulu yang menempel, perlu dihilangkan lebih dulu dengan cara dipanggang atau dibakar permukaannya agar bulu-bulunya rontok.

 

 

2. Siapkan Rempah Beraroma Kuat

Siapkan rempah atau rimpang yang beraroma kuat. Bahan-bahan seperti jahe, lengkuas, hingga daun jeruk dan daun salam bisa disiapkan. Bahan-bahan ini bisa digunakan untuk merebus kikil. Aroma rempah yang kuat dapat menghilangkan bau kikil.

3. Rebus Kikil Hingga Mendidih

Rebus kikil sapi dengan ragam rempah hingga mendidih. Setelah kikil empuk, matikan api. Biarkan kikil di dalam panci selama beberapa saat agar teksturnya bisa makin empuk. Setelah diangkat dan ditiriskan, kikil bisa dibumbui atau dimasak sesuai selera.

Itu tadi cara dan tips yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau kikil. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading