Sukses

Food

5 Cara Memasak Nasi Agar Lebih Putih, Pulen dan Wangi

Fimela.com, Jakarta Seperti yang kita tahu, nasi merupakan bahan makanan pokok hampir semua masyarakat Indonesia. Rasanya kurang afdol jika dalam sehari belum makan nasi. Nasi merupakan bahan makanan yang bisa disajikan bersama aneka lauk. 

Nasi yang putih bersih, pulen dan wangi menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang. Sayangnya, harga beras untuk nasi jenis ini biasanya cukup mahal. Namun kamu tak perlu khawatir Sahabat Fimela, dengan beras kualitas biasa, sebenarnya kita tetap bisa membuat nasi yang putih, pulen dan wangi. Bagaimana caranya? Simak yang berikut ini.

Cuci Beras dengan Cara yang Benar

Usahakan untuk mencuci beras dengan cara yang benar sebelum dimasak. Alangkah baiknya, jika kamu mencuci beras di bawah air mengalir. Gunakan wadah yang berbentuk saringan. Cuci beras hingga bersih dan airnya cukup bening. Namun hindari mencuci beras terlalu lama dan terlalu bersih, ini bisa membuat cita rasa beras berubah. 

Gunakan Air yang Pas

Pastikan untuk menambahkan air dengan takaran yang pas saat memasak. Air yang terlalu sedikit, akan membuat nasi keras dan alot. Sedangkan air yang terlalu banyak, bisa membuat nasi lembek dan berair. Gunakan air dan beras dengan perbandingan tepat. Bisanya, takarannya adalah air lebih banyak 1 ruas jari di atas permukaan beras. 

Tambahkan Perasaan Air Lemon

Cara yang pertama untuk dapatkan nasi yang putih dan pulen adalah menambahkan air lemon ke dalam beras yang hendak dimasak. Tak perlu banyak-banyak, untuk beras sebanyak 500 gram, kita bisa menambahkan 1 sdm air lemon. 

Tambahkan Daun Pandan atau Salam

Untuk dapatkan nasi yang lebih wangi, kamu bisa menambahkan daun pandan atau daun salam. Tak perlu banyak-banyak, cukup sepanjang jari daun pandan atau satu lembar daun salam saat memasak. 

Aroma wangi pandan dan daun salam, bisa membuat aroma nasi jadi lebih wangi dan sedap. Jika kamu ingin dapatkan nasi yang lebih sedap dengan aroma tertentu, kamu bisa menambahkan bumbu rempah tertentu sesuai keinginan.

Aduk Nasi yang Telah Matang

Setelah nasi matang, sebaiknya aduk dulu nasi sebelum disajikan. Mengaduk nasi akan membuat nasi lebih empuk, pulen dan enak. Setelah nasi diaduk, tutup panci atau magic com selama beberapa menit. Kemudian kamu bisa membukanya dan menyajikan nasi tersebut.

Itulah sekian tips mudah untuk memasak nasi agar lebih putih, pulen dan wangi. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencobanya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading