Sukses

Food

Resep Tahu Crispy Balado yang Renyahnya Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Camilan adalah makanan ringan yang dimakan di antara waktu makan. Terkadang dimakan sebelum makan atau bisa juga sebelum makan. Camilan biasanya berupa makanan yang ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu mengenyangkan. Oleh karena itu camilan bisa dimakan sebelum makan makanan utama.

Salah satu makanan yang bisa dijadikan lauk maupun camilan adalah tahu. Tahu terkadang digoreng crispy kemudian diberi bumbu dan menjadi camilan yang disukai banyak orang. Pembuatannya pun mudah, hanya memerlukan beberapa bahan saja.

Namun terkadang kerenyahannya itu tidak bertahan lama. Jadi tahu crispy hanya enak dimakan sesaat setelah selesai dimasak. Nah kalau kamu ingin kerenyahannya itu bertahan lama, ada beberapa cara yang harus kamu perhatikan. Apa saja? Simak caranya berikut ini.

Resep Tahu Crispy Balado

Bahan-bahan:

  • 1 buah tahu putih
  • 5 sdm tepung serba guna
  • Bumbu tabur balado secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong tahu kecil-kecil
  2. Siapkan wadah, tambahkan tepung serba guna dan campurkan dengan tahu hingga rata
  3. Panaskan minyak, goreng tahu hingga matang dan kering
  4. Setelah matang, angkat tahu dan tiriskan
  5. Pindahkan ke wadah lalu taburi dengan bumbu balado hingga rata

Nah tahu crispy balado siap jadi menu camilanmu. Tapi kalau kamu berencana makan tahu crispynya nanti dan ingin kerenyahannya tidak hilang walaupun tidak segera dimakan, kamu harus coba tips berikut ini.

Cara Membuat Kerenyahan Tahu Crispy Tahan Lama

1. Iris tahu tipis-tipis

Ketika memotong tahu, usahakan jangan tebal-tebal. Potonglah tahu tipis-tipis saja agar tepungnya bisa lebih menyerap. Jangan lupa gunakan tahu putih ya, karena teksturnya lebih lembut dan lebih mudah mengembang daripada tahu berkulit.

2. Rendam air garam

Selain untuk menambah rasa, garam juga berfungsi untuk menambah kerenyahan tahu. Supaya asinnya pas, coba koreksi rasa setelah tahu direndam dan ditiriskan. Jangan rendam terlalu lama, cukup 30 menit sampai 1 jam saja.

Jika terlalu asin, cuci tahu lebih dulu sebelum proses selanjutnya. Jika kurang asin, bisa tambahkan garam pada bumbu.

3. Goreng dengan teknik deep frying

Tahu harus tenggelam dalam minyak panas agar hasilnya bisa renyah dan tidak terlalu menyerap minyak. Gunakan api besar hingga tahu setengah matang. Kemudian kecilkan api untuk melanjutkan penggorengan hingga tahu berwarna cokelat keemasan.

Nah itulah resep tahu crispy balado serta cara membuat kerenyahannya tahan lama. Yuk coba bikin!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading