Sukses

Health

7 Menu Sarapan Sehat agar Lebih Bertenaga dan Tidak Malas Bekerja

Fimela.com, Jakarta Terkadang kita makan sesuatu yang justru membuat tubuh gampang lelah, lapar, mood buruk dan bahkan tidak konsentrasi, misalnya makan makanan yang digoreng, berlemak dan kurang bergizi. Jika ingin memulai hari dengan perut kenyang, otak jalan, suasana hati baik dan tidak mudah lelah, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Gizi yang tercukupi untuk tubuh telah membuktikan membantu dalam menjalankan otak dan metabolisme tubuh yang baik. Tapi makanan seperti apakah yang bisa menjadi sarapan sehat yang enak dan tidak bikin malas bekerja? Ini dia beberapa makanan yang bisa jadi sarapan sehat agar lebih bertenaga dan tidak malas bekerja.

 

1. Bayam

Bayam merupakan sayuran terbaik untuk menghilangkan rasa lelah karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Makan bayam di pagi hari membantu melindungi sel-sel otak dan memberi asupan zat besi sehingga baik untuk sel-sel darah merah mengikat oksigen dan menyampaikannya ke otak serta seluruh tubuh. Bayam juga melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang juga menjadi penyebab penurunan tingkat energi dan memperburuk suasana hati. Bayam juga kaya akan vitamin A, yang membuatnya sangat bermanfaat untuk penglihatan. Cocok dikonsumsi bagi kamu yang bekerja terlalu lama di depan komputer.

2. Pisang

Buah pisang mengandung karbohidrat, kalsium, serat, zat besi, vitamin B6, dan triptofan. Triptofan akan diserap menuju otak dengan bantuan karbohidrat. Vitamin B6 akan mengubah triptofan tersebut menjadi serotonin, zat yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Selain itu, serotonin juga dapat membantumu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Pekerjaan yang terlalu berat baik bagi fisik dan pikiran juga kerap membuat mood menjadi buruk dan dapat mengganggu produktivitas kerja. Makan pisang sebagai sarapan dapat memenuhi kebutuhan akan gula yang mampu diubah menjadi energi dan konsentrasi bekerja sehingga tetap produktif.

3. Jeruk

Tidak hanya berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan Vitamin C pada jeruk juga membenuhi kebutuhan antioksidan dan menjaga suasana hati yang baik. Aroma segar dan wangi buah jeruk juga bermanfaat sebagai aromaterapi. Aroma minyak esensial jeruk dapat meningkatkan semangat dan membuat orang merasa lebih bahagia. Aroma ini cocok untuk kamu yang ingin berangkat kerja dan meningkatkan konsentrasi selama bekerja, bahkan bermanfaat sebagai obat antidepresi dan memberikan efek penenang, terutama bagi kamu yang gampang mengalami stres.

4. Salmon

Ikan salmon mungkin mahal untuk dikonsumsi setiap hari, sebagai gantinya, bisa mengonsumsi berbagai jenis ikan lain yang mudah didapat seperti ikan tuna, makarel, kerapu, mujair, bandeng dan lain sebagainya. Mengonsumsi ikan sebagai sarapan sangat baik karena membantu memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan asupan asam lemak yang cukup setiap harinya, memiliki kinerja otak yang lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan.

5. Selai kacang

Roti gandum dan selai kacang sepertinya bisa menjadi menu sarapan praktis yang enak, sehat sekaligus membantu membuat perut kenyang dan konsentrasi tinggi selama bekerja. Selai kacang merupakan salah satu sumber lemak sehat dan vitamin E terbaik. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk sebagai sumber energi. Kombinasikan dengan beragam buah segar untuk memenuhi gizi kompleks untuk tubuh.

6. Oats

Oats lumrah sekali dijadikan sarapan, cukup diseduh atau direbus dengan air atau susu lalu dimakan begitu saja dengan topping yang bisa disesuaikan selera, bisa dengan buah-buahan seperti stroberi dan pisang, atau kacang-kacangan seperti almond dan mede. Sarapan oatmeal bisa menjadi sumber karbohidrat dengan GI (Glycemic Index) rendah sehingga tidak melonjakkan insulin dan tidak membuatmu mengantuk selama bekerja. Oatmeal juga memberi asupan serat sehat dan rendah kalori sehingga membuat perut kenyang lebih lama, alias tidak mudah lapar. Oat juga diperkaya dengan vitamin E, B, potassium dan seng untuk menjaga fungsi otak.

7. Telur

Telur sangat baik dalam memenuhi kebutuhan protein di pagi hari karena tidak baik makan karbohidrat terlalu banyak sebagai sarapan karena mampu memenuhi kebutuhan energi dan mengenyangkan perut lebih lama. Lemak sehat di dalam telur membantu memenuhi kebutuhan otak agar tetap produktif dan memiliki konsentrasi tinggi. Kapan pun ingin makan sehat, bergizi, bertenaga dan tidak mudah mengantuk, makan telur kukus atau rebus adalah menu sarapan yang paling baik untuk dicoba.

Itu sekian sarapan sehat dan enak yang cocok untuk membuatmu lebih bertenaga selama bekerja.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading