Menurut Penelitian, Ini 5 Tanda Kamu Punya Kecerdasan yang Tinggi

Febi Anindya Kirana22 Jul 2021, 15:45 WIB
Diperbarui 22 Jul 2021, 15:45 WIB
perempuan cerdas

Fimela.com, Jakarta Tingkat intelegensi seseorang pasti berbeda-beda, dan kemungkinan itu juga yang membedakan kesuksesan seseorang dalam hidup. Secara ilmiah, ada beberapa tanda seseorang memiliki intelegensi atau kecerdasan yang tinggi.

1. Rasa ingin tahu yang tinggi

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Individual Differences menemukan bahwa tingkat kecerdasan seseorang bisa dilihat dari seberapa sering mereka merasa penasaran atau ingin tahu terhadap banyak hal. Semakin mereka ingin tahu dan mencari tahu, semakin cerdas mereka.

2. Kreativitas

Penelitian yang dimuat dalam jurnal ilmiah Frontiers in Psychology menyebutkan bahwa tingkat intelgensi seseorang erat hubungannya dengan tingkat kreativitas seseorang. Ini karena berpikir kreatif membutuhkan pemikiran yang fleksibel dan out of the box dengan mengubah pola pikir dari satu cara ke cara lain.

3. Suka mengambil risiko

perempuan sukses
ilustrasi perempuan karier/copyright by Mangostar (Shutterstock)

Penelitian yang dilakukan di Finlandia tahun 2015 menemukan bahwa orang yang berani mengambil risiko ternyata lebih cerdas. Peneliti menemukan bahwa orang-orang yang suka mengambil risiko memiliki lebih banyak materi otak putih, bagian otak yang berhubungan dengan kapasitas kognitif lebih baik.

4. Anak pertama

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Science menemukan bahwa anak pertama memiliki IQ lebih tinggi daripada adik-adiknya karena adanya dukungan penuh dan tuntutan alami dari orangtuanya. Peneliti dari Sydney University terhadap 5 ribu anak juga menemukan bahwa anak sulung menerima lebih banyak dukungan dari orang tua sehingga memiliki kinerja otak lebih baik.

5. Suka menghabiskan waktu sendirian

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh psikolog dari London School of Economics dan Singapore Management University menemukan bahwa orang yang lebih cerdas sebenarnya merasa lebih nyaman ketika mereka jarang bersosialisasi. Menyendiri memberikan waktu untuk memproses informasi atau pengetahuan lebih baik pada otak.

Apakah kamu memiliki salah satu tandanya, Sahabat Fimela? Bisa jadi kamu sosok dengan kecerdasan yang tinggi, ladies.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓