5 Manfaat Minyak Hati Ikan Kod, Kaya Nutrisi untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Imelda Rahma26 Jul 2021, 14:08 WIB
Diperbarui 26 Jul 2021, 14:09 WIB
Amankah Konsumsi Minyak Hati Hiu?
Minyak Ikan Kod
Ilustrasi Minyak Ikan Kod Credit: pexels.com/Marsha

Fimela.com, Jakarta Minyak hati ikan kod dan minyak ikan adalah dua suplemen yang berbeda. Minyak ini biasanya dikemas dalam bentuk kapsul suplemen. Meski sama-sama minyak ikan, minyak hati ikan kod memiliki sejumlah keunggulan sendiri.

Minyak hati ikan kod adalah minyak yang diekstrak dari hati ikan Kod Atlantik dan Pasifik. Ikan mendapatkan asam lemak omega-3 mereka dengan memakan fitoplankton, yang menyerap mikroalga. Mikroalga adalah sumber asli asam lemak omega-3 yang kaya.

Sama seperti minyak ikan, minyak hati ikan kod mengandung omega-3 yang tinggi. Asam lemak omega-3 mendukung banyak sistem tubuh dan dapat mencegah sejumlah penyakit.

Mengonsumsi minyak ikan kod dengan makanan, terutama makanan berlemak, dapat membantu tubuh lebih baik mencerna dan menyerap asam lemak omega-3. Berikut 5 manfaat minyak hati ikan kod, dirangkum Fimela.com dari berbagai sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Tinggi Vitamin A dan D

Tinggi vitamin A dan D
Ilustrasi Minyak Hati Ikan Kod Credit: pexels.com/ready

Meskipun minyak ikan kod adalah suplemen minyak ikan, minyak ini sangat berbeda dari minyak ikan biasa. Berasal dari hati, minyak ini kaya akan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A dan D. Satu sendok teh (5 ml) minyak ikan kod bisa mengandung 90% vitamin A dan 113% vitamin D untuk dari asupan harian yang disarankan.

Mencegah Peradangan

Mencegah Peradangan
Ilustrasi Peradangan Credit: pexels.com/Andrea

Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan kod dapat membantu menekan protein yang memicu peradangan kronis. Peradangan kronis dikaitkan dengan meningkatknya risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan kanker. Vitamin A dan D pada minyak hati ikan kod juga berperan sebagai antioksidan. Kedua vitamin ini dapat mengurangi peradangan dengan mengikat dan menetralkan radikal bebas berbahaya.

Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga Kesehatan Tulang
Ilustrasi Tulang Kuat Credit: pexels.com/Laura

Minyak hati ikan kod merupakan salah satu sumber makanan terbaik vitamin D Vitamin ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang dengan mengatur penyerapan kalsium. Mineral kalsium sangat diperlukan untuk tulang yang kuat. Konsumsi minyak hati ikan kod bisa membantu memenuhi asupan vitamin D, mencegah keropos tulang, dan menyebabkan patah tulang di kemudian hari.

Menyehatkan Mata

Menyehatkan Mata
Ilustrasi Mata Sehat Credit: pexels.com/Skitterphoto

Vitamin A memiliki banyak peran dalam tubuh, termasuk menjaga kesehatan mata. Asam lemak omega-3 dan vitamin A dalam minyak ikan kod telah terbukti melindungi mata dari penyakit yang disebabkan oleh peradangan. Penyakit peradangan pada mata ini seperti glaukoma dan degenerasi makula terkait usia.

Cegah Stres dan Kecemasan

Cegah Stres dan Kecemasan
Ilustrasi Kecemasan Credit: pexels.com/Andrea

Peradangan kronis telah dikaitkan dengan kecemasan, stres, dan Depresi. Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan kod dapat menurunkan peradangan dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Asam lemak omega-3 dan vitamin D dalam minyak ikan kod dapat membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Tetapi diperlukan lebih banyak penelitian terkait manfaat ini.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela