Sukses

Health

3 Penyebab Bayi Demam dan Ruam Merah Serta Cara Mengobatinya

Fimela.com, Jakarta Sudah menjadi rahasia umum jika bayi rentan terhadap berbagai macam penyakit, terutama batuk, pilek, demam dan ruam merah.

Berbicara mengenai demam, banyak bayi mengalami demam dan ruam merah dikaitkan dengan campak. Padahal tak selalu demikian.

Terdapat sejumlah penyebab lain yang dapat menyebabkan demam dan ruam merah pada bayi. Apa saja? Dikutip dari Healthline, berikut selengkapnya.

1. Roseola

Roseola infantum paling sering terjadi pada anak di bawah usia 2 tahun. Gejala penyakit ini dimulai dari demam tinggi, antara 102°F dan 105°F (38,8° hingga 40,5°C). Penyakit ini sendiri berlangsung sekitar tiga hingga tujuh hari.

Demam itu sendiri sering disertai dengan, kehilangan nafsu makan, diare, batuk, dan pilek. Saat demam mereda, anak-anak biasanya akan mengalami ruam merah muda dan sedikit menonjol di badan mereka (perut, punggung, dan dada) dalam waktu 12 atau 24 jam setelah demam berakhir.

Seringkali, kondisi ini tidak terdiagnosis sampai setelah demam hilang dan ruam muncul. Tidak ada pengobatan nyata untuk roseola. Ini adalah kondisi yang cukup umum dan ringan yang umumnya berjalan dengan sendirinya.

2. Hand, foot, and mouth disease (HFMD)

HFMD adalah penyakit virus umum yang sering dialami anak-anak pada usia 5 tahun. Dimulai dengan demam,sakit tenggorokan, dan kehilangan nafsu makan. Kemudian, beberapa hari setelah demam dimulai, muncul luka di sekitar mulut.

Luka mulut terasa sakit, dan biasanya dimulai di bagian belakang mulut. Sekitar waktu yang sama, bintik-bintik merah mungkin muncul di telapak tangan dan telapak kaki.

Pada kasus yang lebih parah, ruam itu sendiri dapat menyebar ke anggota badan, bokong, dan area genital. Jadi tidak selalu hanya tangan, kaki, dan mulut. Tidak ada pengobatan khusus untuk HFMD, dan biasanya akan sembuh dalam waktu kurang dari seminggu.

3. Fifth disease

Beberapa orangtua akan menyebut ruam ini sebagai "tamparan wajah" karena membuat pipi memerah. Anak Anda mungkin terlihat seperti baru saja ditampar.

Fifth disease adalah infeksi umum lainnya pada masa kanak-kanak yang biasanya bersifat ringan. Umumnya, dimulai dengan gejala pilek dan demam ringan.

Bagi kebanyakan anak, penyakit ini akan berkembang dan berlalu tanpa masalah. Tetapi tetap waspada, karena penyakit ini bisa menularkannya kepada bayi baru lahir atau untuk anak-anak dengan anemia.

Pada dasarnya, demam dan ruam merah pada bayi umum terjadi. Ruam ini hampir selalu berasal dari virus dan hilang tanpa pengobatan.

“Tetapi beberapa penyakit yang menyebabkan demam dan ruam pada saat yang sama bisa lebih serius. Hubungi dokter Anda jika anak Anda mengalami ruam selama demam atau bertingkah sakit,” ujar Dokter anak, Karen Gill, MD, FAAP.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading