Pakai Masker Ganda Bikin Haus Melulu, Perhatikan Tanda-tanda Kebutuhan Tubuhmu

Iwan Tantomi30 Jul 2021, 00:00 WIB
Diperbarui 30 Jul 2021, 00:00 WIB
Pakai Masker Ganda Bikin Haus Melulu, Perhatikan Tanda-tanda Kebutuhan Tubuhmu

Fimela.com, Jakarta Imbauan memakai masker ganda atau dobel banyak dilakukan seiring dengan melonjaknya angka kasus Covid-19. Apalagi sebuah penelitian yang dilakukan oleh ahli epidemiologi Dr Michael Osterholm, Direktur Pusat Penelitian dan Kebijakan Penyakit Menular Universitas Minnesota, menyebutkan jika anak-anak yang tak terlalu terdampak pandemi, justru berisiko menyebarkan penyakit ini kepada orang dewasa, terutama yang memiliki riwayat penyakit komplikasi.

Salah satu cara memutus transmisi tersebut dengan mengajak anak-anak tetap beraktivitas di rumah. Selain itu, pastikan juga baik daya tahan tubuh anak-anak dan keluarga tetap terjaga baik, selama menjalankan protokol kesehatan. Termasuk salah satunya menggunakan masker ganda ini. Hanya saja, beraktivitas seharian dengan masker kadang malah bikin gampang haus. Jangan sampai diabaikan. Sebaliknya, cobalah perhatikan tanda kebutuhan tubuh, termasuk pada anak-anak berikut ini.

Rasa Haus Bisa Jadi Alarm Jika Tubuh Membutuhkan Cairan

Rasa Haus Bisa Jadi Alarm Jika Tubuh Membutuhkan Cairan
credit via shutterstock

Sekalipun tampak sepele, tetapi rasa haus bisa menjadi alarm atau tanda alami tubuh, karena sedang membutuhkan cairan. Jika dibiarkan, maka tubuh berisiko mengalami dehidrasi. Padahal saat dehidrasi terjadi, bukan saja bisa menyebabkan tubuh jadi lemas, kurang fokus, tetapi juga dapat memicu terjadinya gangguan kesehatan lainnya.

Segeralah untuk minum air mineral saat tak pergi ke mana-mana atau di rumah, agar dehidrasi tak sampai melanda. Bagi orang tua, mungkin perlu upaya ekstra untuk aktif bertanya dan meminta anak-anak rajin minum air mineral, mengingat mereka kadang cenderung abai, terutama saat asyik bermain.

Kemudian, untuk menghindari rasa haus yang mendera saat bepergian, pastikan tubuh terhidrasi dengan baik sebelum keluar. Apabila terpaksa harus buka masker, karena sangat haus, pilihlah di dalam mobil pribadi atau tempat terbuka bebas kerumunan untuk minum sejenak, sebelum kemudian menggunakan masker ganda lagi.

Mudah Mengantuk dan Cepat Lelah, Tandanya Tubuh Butuh Asupan Air Mineral Segera

Mudah Mengantuk dan Cepat Lelah, Tandanya Tubuh Butuh Asupan Air Mineral Segera
credit via shutterstock

Dehidrasi yang diakibatkan oleh rasa haus yang tak teratasi, juga bisa menyebabkan rasa kantuk dan cepat lelah, termasuk pada anak-anak. Bukan saja karena tubuh kekurangan cairan, tetapi juga mineral penting, termasuk oksigen dalam darah. Lebih-lebih saat menggunakan masker, menghirup udara bebas jadi terbatasi, sehingga pasokan oksigen jadi ikut berkurang. Lekaslah minum air mineral ketika sudah merasa haus, menguap beberapa kali, hingga timbul rasa lelah di tengah-tengah aktivitas, agar tak semakin berdampak buruk bagi kesehatan.

Pernapasan yang Tak Lancar Juga Bisa Jadi Tanda Dehidrasi Berat

Pernapasan yang Tak Lancar Juga Bisa Jadi Tanda Dehidrasi Berat
credit via shutterstock

Selama menggunakan masker ganda, pernapasan mungkin jadi sedikit terganggu, lantaran tak bebas menghirup udara segar. Inilah kenapa perlu sering-sering berlatih pernapasan, termasuk dengan rutin berolahraga hingga meditasi, sehingga stamina terjaga dengan baik dan mudah tersengal-sengal saat menggunakan masker ganda. Jika bisa, ajaklah anak-anak untuk rutin olahraga bersama, agar stamina dan sistem pernapasan mereka tetap bekerja dengan baik.

Di samping itu, sesak napas yang terjadi juga bisa diakibatkan dehidrasi karena rasa haus yang terus diabaikan. Hal ini karena saat tubuh kekurangan cairan, tubuh tak punya banyak energi, sehingga fungsi sel dalam tubuh ikut terganggu. Makanya, mulailah membiasakan diri maupun mengajak anak-anak rutin memperhatikan tanda yang muncul dari tubuh dan penuhi asupan air mineral 8 gelas per hari.

Pilih air mineral berkualitas seperti Le Minerale yang berasal dari mata air pegunungan terpilih. Air mineral tersebut diambil dari mata air pegunungan terpilih dengan kedalaman 100 meter dan dibotolkan langsung di sumbernya menggunakan mineral protection system, tanpa tersentuh tangan manusia. Kandungan mineral alami di dalamnya semakin terlindungi dengan penggunaan seal cap pada kemasannya. Rangkaian proses itulah yang membuat Le Minerale memiliki kesegaran khas berupa sensasi tertinggal rasa manis yang berasal dari mineral Bicarbonate (HCO3-).

Tak sampai di situ, galon Le Minerale bikin tenang karena benar-benar baru, bukan dicuci ulang, yang dilengkapi tutup ulir rapat dan kedap udara, sehingga anti rembes dan bebas kontaminasi bakteri dan virus dari luar. Galon Le Minerale juga nyaman dan praktis karena dilengkapi handgrip sehingga mudah diangkat dan dipasang. Harganya juga sudah termasuk galon dan air, sehingga tak perlu tukar galon kosong. Galon Le Minerale juga juga ramah lingkungan, karena mudah didaur ulang.

Hasilnya, Le Minerale bukan hanya menghadirkan perpaduan mineral alami yang baik bagi tubuh, tetapi kualitas premiumnya benar-benar bisa dinikmati siapapun dengan harga terjangkau.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela