Harimau Ragunan Positif Covid-19, Kenali 9 Gejalanya pada Hewan

Hilda Irach02 Agu 2021, 11:30 WIB
Diperbarui 02 Agu 2021, 11:30 WIB
Harimau Ragunan Positif Covid-19, Kenali 9 Gejalanya pada Hewan

Fimela.com, Jakarta Dua harimau Sumatera di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) positif Covid-19. Pihak TMR melakukan PCR dan hasilnya kedua harimau dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengabarkan keduanya masih berada dalam perawatan khusus sejak terinfeksi Covid-19 pada 15 Juli 2021.

Dalam unggahan Instagram @aniesbaswedan, Minggu (01/8/2021), Anies mengatakan dua harimau itu ditemukan bergejala Covid-19 tiga pekan lalu. Selain itu, kedua harimau yang bernama Hari dan Tino itu mengalami gejala Covid-19 yang mirip seperti manusia, yaitu flu, lemas, dan sesak napas.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, sebagian besar hewan terinfeksi Covid-19 tertular setelah kontak dekat dengan manusia yang terinfeksi Covid-19.

Selain harimau, hewan peliharaan seperti anjing dan kucing juga dapat terinfeksi Covid-19. Kenali gejala Covid-19 pada hewan agar dapat melakukan langkah penanganan secara tepat.

Gejala Covid-19 pada hewan peliharaan

Harimau Ragunan Positif Covid-19, Kenali 9 Gejalanya pada Hewan
Selain harimau, hewan peliharaan juga dapat terinfeksi Covid-19. Kenali 9 gejalanya. (pexels/mikhailnilov).

Melansir dari CDC, hewan peliharaan yang positif COVID-19 mungkin memiliki gejala sebagai berikut:

  • Demam
  • Batuk
  • Kesulitan bernapas atau sesak napas
  • Kelesuan (kemalasan yang tidak biasa atau lamban)
  • Bersin
  • Pilek
  • Debit mata
  • muntah
  • Diare

Berdasarkan informasi yang tersedia hingga saat ini, risiko hewan menyebarkan Covid-19 ke manusia dianggap rendah.

Selain itu, Covid-19 pada hewan juga hanya bisa dipastikan melalui pemeriksaan lab PCR. Jika hewan peliharaanmu memiliki gejala-gejala tersebut, disarankan untuk menghubungi dokter hewan dan melakukan konsultasi jarak jauh.

 

Perawatan untuk hewan positif Covid-19

Harimau Ragunan Positif Covid-19, Kenali 9 Gejalanya pada Hewan
Selain harimau, hewan peliharaan juga dapat terinfeksi Covid-19. Kenali 9 gejalanya. (pexels/mikhailnilov).

Hewan peliharaan yang memang memiliki gejala umumnya bisa dirawat di rumah dengan melakukan isolasi mandiri, terpisah dari manusia dan hewan lainnya.

Pastikan kamu menggunakan masker dan sarung tangan saat menyentuh tempat makan, mainan, atau tempat kotoran hewan peliharaan. Setelah itu cuci tangan dengan sabun dan air minimal 20 detik.

Perlu diingat, hewan tidak boleh memakai masker. Hindari pula menyeka atau memandikan hewan peliharaan dengan disinfektan kimia, alkohol, hydrogen peroksida, atau produk lain.

Sebab, tidak ada bukti bahwa virus dapat menyebar ke manusia atau hewan lain dari kulit, bulu, atau rambut hewan peliharaan. Menggunakan disinfektan kimia pada hewan peliharaan bisa membuatnya sakit hingga membunuhnya.

Apabila hewan peliharanmu menunjukan gejala baru seperti kesulitan bernapas, segera hubungi dokter hewan untuk meminta perawatan lebih lanjut.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela