7 Reaksi Unik Tubuh yang Terjadi saat Tertawa

Baiq Nurul Nahdiat04 Agu 2021, 10:05 WIB
Diperbarui 04 Agu 2021, 10:05 WIB
Reaksi Unik Tubuh yang Terjadi saat Tertawa

Fimela.com, Jakarta Saat kita tertawa, tentu yang terjadi bukan hanya suara terbahak-bahak dari mulut, namun organ tertentu dalam tubuh akan memunculkan reaksi yang berbeda-beda saat tertawa. Saat tertawa reaksi di dalam tubuh lebih banyak daripada di luar tubuh, beberapa organ seperti jantung, paru-paru dan diafragma juga ikut terpacu saat kita tertawa. Dan inilah 7 reaksi unik tubuh yang terjadi saat tertawa.

1. Tubuh membakar kalori

Tertawa menggunakan energi yang cukup dalam tubuh. Satu studi dari Vanderbilt University mengungkapkan bahwa tertawa hanya selama 15 menit sehari dapat membakar hingga 40 kalori. Itu hanya mencakup sekitar setengah dari ukuran permen.

2. Melepaskan endorfin

Tertawa memiliki kekuatan untuk mencerahkan suasana hati siapa pun, dan alasannya murni kimiawi. Tindakan fisik tertawa melepaskan endorfin di otak, menyebabkan perasaan bahagia. Tertawa bisa membuat ketagihan, tetapi tidak ada alasan untuk berhenti.

3. Mengurangi rasa sakit

Eksperimen telah menunjukkan bahwa orang yang menonton komedi cenderung memiliki ambang batas rasa sakit yang lebih tinggi. Peningkatan toleransi ini dikaitkan dengan pelepasan endorfin, sehingga orang yang tertawa lebih bisa menoleransu rasa sakit.

4. Paru-paru

Reaksi Unik Tubuh yang Terjadi saat Tertawa
Reaksi Unik Tubuh yang Terjadi saat Tertawa. (ilustrasi/photo by newroadboy/Shutterstock)

Saat tertawa diafragma dan otot dada akan langsung mengecil, memaksa udara keluar dari paru-paru. Udara itu kemudian melewati laring. Ini akan memicu kotak suara kemudian bergetar dan mengeluarkan suara seperti "hahaha."

5. Mengeluarkan air mata

Saat mengalami kejadian yang benar-benar lucu, kita biasanya akan menangis tanpa sengaja. Hal ini terjadi karena mata dipaksa mengeluarkan air mata.

6. Tekanan jantung akan bertambah

Reaksi Unik Tubuh yang Terjadi saat Tertawa
Reaksi Unik Tubuh yang Terjadi saat Tertawa. (ilustrasi/photo created by benzoix - www.freepik.com)

Saat tertawa, paru-paru tiba-tiba mengirimkan sinyal kehabisan oksigen dan meminta pasokan oksigen lebih, tekanan jantung dan darah akan bertambah untuk mengirimkan lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh.

7. Ketegangan otot

Sementara otot wajah dan otot di sekitar organ dalam menegang, otot tubuh lainnya akan menjadi lebih lemah dan kehilangan koordinasi. Karena itulah, seseorang biasanya merasa kesusahan untuk berjalan lurus ketika tertawa berlebihan.

Itulah beberapa reaksi unik tubuh yang terjadi saat sedang tertawa, namun di balik itu semua tertawa juga memiliki beberapa manfaat, seperti membuat awet muda, mengurangu stres dan membuat perasaan lebih tenang.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela