5 Makanan Terbaik untuk Nutrisi Otak Anak, Bantu Tingkatkan Kecerdasan

Imelda Rahma04 Agu 2021, 12:54 WIB
Diperbarui 04 Agu 2021, 13:21 WIB
Anak Mengonsumsi Makanan

Fimela.com, Jakarta Setiap orang tua akan selalu berusaha memberikan makanan sehat untuk anaknya. Makanan berperan penting dalam menentukan tumbuh kembang anak. Sehingga sejak bayi harus diberikan makanan sehat agar pertumbuhan anak berlangsung dengan baik dan kecerdasan anak pun semakin meningkat.

Tentu saja berbicara kecerdasan tidak lepas dari nutrisi makanan untuk otak anak. Otak merupakan pusat sistem saraf yang memiliki jaringan yang rumit. Jika diibaratkan mobil membutuhkan bahan bakar beroktan tinggi untuk menghasilkan pembakaran yang baik. Begitu juga dengan otak anak yang membutuhkan makanan bergizi tinggi

Anak membutuhkan asupan gizi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan otak mereka. Nutrisi yang baik dari makanan dapat meningkatkan memori otak dan keterampilan anak, sehingga mereka menjadi lebih mahir dalam menghafal atau mengingat sesuatu.

Untuk itu, berikut Fimela.com akan mengulas  5 makanan terbaik untuk nutrisi otak anak, membantu meningkatkan kecerdasan. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

 

Ikan Salmon

Ikan Salmon
Ilustrasi Ikan Salmon Credit: pexels.com/Valeria

Makanan pertama yang memberikan nutrisi pada otak anak adalah ikan. Ikan mengandung asam lemak dan omega 3 yang sangat baik buat kecerdasan juga kesehatan otak. Nutrisi yang terkandung di dalam ikan juga sangat baik buat tumbuh kembang anak. Salah satu ikan yang kaya gizi adalah ikan salmon.

Ikan salmon merupakan sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 seperti DHA dan EPA. Ini sangat penting untuk pengembangan yang tepat dari otak. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi ikan tersebut memiliki memori lebih tajam daripada yang tidak mengonsumsinya.

Telur

Telur
Ilustrasi Telur Credit: pexels.com/Klaus

Makanan selanjutnya yang bantu menutrisi otak anak adalah telur. Telur adalah makanan kaya protein. Di dalam kuning telur bahkan mengandung kolin yang sangat baik untuk perkembangan otak.

 

Sayuran Berwarna

Sayuran Berwarna
Ilustrasi Sayuran Berwarna Credit: pexels.com/Polina

Tomat, wortel, kubis, labu, brokoli adalah sayuran yang kaya akan antioksidan dan sangat baik dalam mencerdaskan otak anak. Sayuran-sayuran ini bahkan sangat baik dalam meningkatkan tumbuh kembang fisik maupun psikis anak. Sayuran juga dipercaya bisa mencegah beragam penyakit salah satunya kanker.

 

Susu

Susu
Ilustrasi Susu Credit: pexels.com/Cats

Susu dan olahannya sangat baik dalam menutrisi dan mencerdaskan otak anak. Susu mengandung protein tinggi, vitamin D dan vitamin B yang berperan aktif dalam menjaga dan memperbaiki sel-sel di otak. Semua nutrisi penting adalah kunci untuk pengembangan sistem neuromuskuler, neurotransmiter, enzim, dan jaringan otak. Anak-anak dan orang dalam kelompok usia remaja sedang dalam tahap pertumbuhan sehingga mereka membutuhkan banyak nutrisi.

Kacang Hijau

Kacang Hijau
Ilustrasi Kacang Hijau Credit: pexels.com/Karolina

Makanan lainnya yang juga bermanfaat baik untuk fungsi otak anak adalah kacang hijau. Kacang hijau mengandung vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potassium, magnesium, mangan, fosfor, tembaga dan thiamin yang semuanya penting bagi kesehatan tubuh khususnya penting bagi otak.

Itulah beberapa makanan yang bernutrisi tinggi untuk membantu mencerdaskan otak anak. Semoga informasi ini bermanfaat dan sajikan makanan-makanan ini untuk buah hati ya mom.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela