Sukses

Health

5 Cara Mengecilkan Perut secara Alami

Fimela.com, Jakarta Kelebihan lemak pada tubuh kerap membuat perut buncit, tapi ada beberapa cara yang bisa dulakukan untuk mengecilkan perut, misalnya dengan menjaga pola makan dan lebih rajin berolahraga. Mengecilkan perut tak hanya untuk mendapatkan penampilan yang bagus serta berat badan yang ideal namun juga bermanfaat untuk kesehatan seperti menghindari masalah pencernaan, diabetes dan obesitas. Dilansir dari Healthline, Senin (12/8/2021) berikut 5 cara mengecilkan perut dengan alami.

1. Makan banyak serat larut

Serat larut menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan. Jenis serat ini meningkatkan penurunan berat badan dengan membantu merasa kenyang, sehingga makan lebih sedikit. Makanan dengan serat larut seperti: biji rami, mie shirataki, kubis brussel, alpukat, polong-polongan, blackberry, dst.

2. Hindari makanan yang mengandung lemak trans

Lemak trans dibuat dengan memompa hidrogen menjadi lemak tak jenuh, seperti minyak kedelai. Mereka ditemukan di beberapa margarin dan olesan dan juga sering ditambahkan makanan kemasan.  Lemak ini telah dikaitkan dengan peradangan, penyakit jantung, resistensi insulin, dan penambahan lemak perut.

3. Makan makanan berprotein tinggi

Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk manajemen berat badan. Asupan protein yang tinggi meningkatkan pelepasan hormon kepenuhan PYY, yang menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Banyak penelitian observasional menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak protein cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut daripada mereka yang makan diet rendah protein, seperti daging, ikan, telur dan susu.

4. Jangan banyak makan makanan manis

Gula mengandung fruktosa, yang telah dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis jika dikonsumsi secara berlebihan. Studi observasional menunjukkan hubungan antara asupan gula tinggi dan peningkatan lemak perut. Bahkan gula yang lebih sehat, seperti madu asli, harus digunakan dengan hemat.

5. Lakukan senam aerobik

Latihan aerobik (cardio) adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kesehatan dan membakar kalori. Studi juga menunjukkan bahwa ini adalah salah satu bentuk latihan paling efektif untuk mengurangi lemak perut. Bagaimanapun, frekuensi dan durasi program latihan lebih penting daripada intensitasnya.

Selain itu cara di atas juga ada beberapa yang bisa dilakukan untuk membakar lemak perut seperti, berpuasa, hindari stres, lebih banyak minum air putih, lebih banyak menginsumsi buah dan sayur serta istirahat yang teratur.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading