Sukses

Health

9 Cara Mengatasi Sakit Kepala dengan Cepat

Fimela.com, Jakarta Sakit kepala adalah penyakit yang sangat umum terjadi. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Jika tidak segera diatasi, maka bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan bisa membuat seseorang jadi pingsan.

Gejala yang dirasakan sakit kepala bisa berbeda-beda setiap orang. Penyebab sakit kepala pun berbeda-beda. Ada yang disebabkan karena tubuh sedang kekurangan cairan, kelelahan saat beraktivitas, sedang lapar, stres, dan memiliki kondisi medis tertentu.

Sakit kepala dapat diatasi dengan berbagai macam cara, mulai dari mengonsumsi obat-obatan hingga penanganan dengan cara alami. Sakit kepala ini harus diatasi dengan cepat, agar segera sembuh dan bisa beraktivitas normal kembali. BerikutĀ cara mengatasi sakit kepala, dilansir dari Liputan6.com:

Cara Mengatasi Sakit Kepala dengan Cepat

1. Konsumsi Air Putih

Cara mengatasi sakit kepala dengan cepat yang pertama, yaitu mengonsumsi air sesuai dengan yang diperlukan tubuh. Sakit kepala ini bisa disebut dengan migrain, karena tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan. Minumlah air putih minimal 2 liter sehari, untuk mencegah munculnya sakit kepala lagi.

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Sakit kepala juga bisa disebabkan karena perut lapar. Untuk mengatasi sakit kepala ini dengan cepat, konsumsilah makanan yang bergizi, yang diperkaya dengan kandungan serat, vitamin, dan mineral. Makanlah secara pelan-pelanĀ dan sedikit demi sedikit, karena jika makan dengan cepat dan banyak bisa menyebabkan mual.

3. Tidur Sebentar

Saat merasakan sakit kepala, ambil waktu sebentar untuk memejamkan mata dan tidur sebentar saja. Biasanya tubuh merasa sangat lelah setelah beraktivitas, atau mata kelelahan akibat menatap layarĀ gadgetĀ berjam-jam. Tidur sebentar bisa membuat tubuhmu terasa rileks dan pikiran menjadi lebih tenang.

Cara Mengatasi Sakit Kepala dengan Alami

4. Mengompres dengan Air Dingin

Cara mengatasi sakit kepala yang selanjutnya, yaitu dengan mengompres kepala, dahi dan area mata, menggunakan kompres es batu atau handuk dingin. Kompres dingin ini membantu mencegah peradangan di kepala, sehingga mengurangi rasa nyeri yang menyebabkan sakit kepala. Kamu bisa mengompres selama 10 menit.

5. Melakukan Peregangan

Sakit kepala bisa disebabkan karena terlalu stres. Agar sakit kepala segera teratasi, lakukan peregangan otot untuk merelaksasikan otot yang kaku. Kamu juga bisa melakukan peregangan dengan olahraga intensitas sedang, seperti bersepeda, yoga, jalan santai, dan lain sebagainya.\

6. Minum Hangat

Sakit kepala bisa disembuhkan secara alami, dengan mengonsumsi minuman yang hangat, seperti teh herbal atau jahe. Minuman hangat bisa menenangkan pikiran, memberikan sensasi relaksasi untuk tubuh, dan mengandung anti radang yang mempercepat penyembuhan sakit kepala.

Cara Mengatasi Sakit Kepala dengan Minyak Alami

7. Gunakan Minyak Peppermint

Sakit kepala bisa diatasi dengan menggunakan minyakĀ peppermint. MinyakĀ peppermintĀ bisa memberikan sensasi relaksasi dan menenangkan pikiran saat sakit kepala. Caranya dengan memijatkan minyakĀ peppermintĀ ke pelipis, bagian belakang rahang, dan dahi secara rutin.

8. Gunakan Minyak Lavender

Minyak lavender adalah minyak alami yang bisa membantu mengatasi sakit kepala. Minyak ini bisa jadi aromaterapi yang membuat seseorang mudah tidur, menghilangkan stres, dan meregangkan otot yang kaku.

9. GunakanĀ Minyak Thyme dan Rosemary

Cara mengatasi sakit kepala yang terakhir, yaitu memijat kepala dengan menggunakan minyakĀ thyme dan rosemary.Ā Pijatkan minyak ini di areaĀ bagian kepala, dahi, dan kulit dengan lembut. Maka minyak ini akan bekerja dengan cepat untuk mengatasi sakit kepala, seperti sedang mengonsumsi obat ibuprofein.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading