Sukses

Health

4 Manfaat Diet Vegan untuk Kesehatan, Cegah Kanker-Menurunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Belakangan ini, diet vegan mulai menjadi populer. Semakin banyak orang yang memutuskan untuk tidak lagi mengonsumsi produk hewani.

Menjalani diet vegan berarti jenis makanan yang dikonsumsi sebatas sayur, buah-buahan, dan biji-bijian. Tidak ada algi konsumsi daging. Baik itu olahan maupun produk susu hewani.

Sejumlah studi mengungkapkan diet vegan baik untuk kesehatan secara umum. Bahkan bisa mencegah penyakit jantung hingga kanker. Dikutip dalam keterangan tertulis Ann’s Bakehouse & Creamy Jakarta, berikut 4 manfaat diet vegan.

1. Penurunan risiko penyakit jantung

Sebuah studi telah menunjukkan bahwa mereka yang menjalani diet vegan mengalami

penurunan dalam kadar kolesterol LDL, kemudian kolesterol total, dan juga memiliki tekanan darah yang lebih rendah daripada mereka yang menjalankan diet vegetarian.

Ini dikarenakan konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan meningkatkan kadar antioksidan, asam folat, dan juga zat-zat fitokimia di dalam tubuhmu yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Mampu mencegah kanker

Sayur-mayur dan buah-buahan mengandung banyak senyawa yang dapat melindungi tubuh dari kanker. Seperti yang disebutkan di atas, selain dapat menurunkan risiko penyakit jantung, fitokimia yang berada di makanan diet vegan telah terbukti dapat mencegah kanker juga!

Fitokimia bersifat sebagai antioksidan dan mampu melakukan aktivitas antiproliferasi. Zat fitokimia ini dapat menghambat beberapa sel yang terlibat dalam pembentukan kanker.

3. Membantu mengontrol kadar gula

Dalam sebuah penelitian lain, diketahui bahwa jika kamu mengikuti diet vegan, kamu dapat mengurangi kemungkinan terjadinya diabetes tipe 2.

Kok bisa? Karena dengan mengonsumsi sayur, buah-buahan, dan biji-bijian, kamu akan mengurangi kadar gula, terutama gula sintetis di dalam tubuhmu.

4. Menurunkan berat badan

Banyak diet yang mengatakan bahwa mereka manjur dalam menurunkan berat badan. Khusus untuk diet vegan ini pernah dilakukan penelitian yang terbit dalam jurnal akademik “Nutrition and Diabetes” loh.

Di dalam penelitian ini, para peserta yang ikut diharuskan mengikuti pola makan sesuai diet vegan. Dan hasilnya? Setelah sekitar 16 minggu, peserta yang menjalani pola makan vegan sukses menurunkan berat badan. Terjadi pengurangan jumlah lemak di daerah perut (jadinya tidak buncit lagi).

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading