3 Cara Atasi Keputihan yang Wajib Kamu Ketahui

Nabila Mecadinisa24 Sep 2021, 20:30 WIB
Diperbarui 24 Sep 2021, 20:30 WIB
Cara atasi keputihan

Fimela.com, Jakarta Keputihan adalah hal yang umum terjadi pada setiap perempuan. Bahkan seringkali, keputihan terjadi akibat ovulasi, menjelang menstruasi, saat hamil, atau saat kita mengalami lelah. 

Tapi ada juga jenis keputihan yang menandakan penyakit tertentu. Biasanya hal ini membuat kita segera memeriksakan diri ke dokter. Dikutip dari WebMd, terjadinya keputihan biasanya dikarenakan terdapat kelenjar yang memproduksi cairan atau pelumas pada dinding rahim. Cairan ini terbentuk akibat proses pertahanan tubuh perempuan untuk menjaga kesehatan organ intimnya. 

Ciri keputihan normal: 

1. Berwarna bening atau putih susu. 

2. Tidak berbau. 

3. Tidak terasa gatal atau perih. 

Cara mengatasinya:

Cara atasi keputihan
Cara atasi keputihan Credit: pexels.com/Olenka

1. Bersihkan vagina dengan tepat, yaitu membasuhnua dari depan ke belakang,  atau dari arah vagina menuju anus. Bukan sebaliknya. Hindari menggunakan sabun pembersih vagina yang beraroma harum, usahakan untuk menggunakan air hangat saja. 

2. Kompres dingin

Jika vagina terasa gatal dan tidak nyaman saat mengalami keputihan, maka redakan dengan kompres dingin. kompres vagina dengan handuk yang direndam air dingin untuk meredakan rasa tidak nyaman. 

 

3. Hindari penggunaan produk kewanitaan

Cara atasi keputihan
Cara atasi keputihan (Foto: unsplash)

Vagina merupaka organ yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu menggunakan produk pembersih kewanitaan, seperti cairan pembersih vagina (vaginal douche) atau bedak vagina.

Pasalnya, produk-produk kewanitaan dapat merusak keseimbangan mikrobiota alami yang terdapat pada vagina. Jadi, bukannya membantu mengatasi keputihan, penggunaan produk tersebut justru bisa memperparah keputihan yang dialami.

 

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela