5 Makanan yang Harus Dihindari agar Berat Badan Tetap Ideal

Fimela Reporter21 Sep 2021, 15:15 WIB
Diperbarui 21 Sep 2021, 15:15 WIB
Inilah 5 Makanan yang Harus Dihindari Agar Berat Badan Tetap Ideal

Fimela.com, Jakarta Kalau kamu ingin mempunyai berat badan ideal, ada beberapa makanan yang harus kamu hindari saat diet. Demi mencapai berat badan yang ideal, konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Faktor utama agar berhasil mempunyai berat badan ideal yaitu membatasi jenis makanan yang dikonsumsi. Jika kamu tidak membatasi makanan yang dikonsumsi akan memengaruhi berat badanmu dan diet yang sedang dijalani. Apa saja makanan yang harus dihindari agar berat badan tetap ideal? Yuk simak infonya!

1. Nasi Putih

Siapa yang tidak pernah makan nasi putih? Mayoritas orang Indonesia pasti makan nasi putih karena merupakan makanan pokok yang bisa membuat perut kenyang. Tetapi jika ingin menurunkan berat badan, nasi putih adalah makanan yang harus dihindari. Nasi putih mengandung serat dan protein yang rendah dan juga mengandung gula yang tinggi. Oleh karena itu, makan nasi putih akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuhmu yang menyebabkan kamu jadi cepat lapar. Hal itu yang membuat berat badanmu naik dan dietmu gagal. Kamu bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah, shirataki, atau quinoa karena mempunyai serat yang tinggi dan kalori yang rendah cocok untuk kamu yang sedang diet nih!

2. Yoghurt manis

Buat kamu yang suka yoghurt ternyata makanan ini harus dihindari untuk menurunkan berat badan lho! Kenapa? Karena jika kamu suka mengonsumsi yoghurt yang manis, akan membuat berat badanmu naik. Yoghurt yang manis mengandung gula dan lemak dari susu menyebabkan kalorinya juga sangat tinggi.  Untuk kamu yang diet bisa memilih greek yoghurt tanpa gula atau kandungan gulanya rendah. Hati-hati dalam mengonsumsi yoghurt ya sahabat fimela!

3. Roti

roti
roti/copyright shutterstock

Siapa yang tidak suka roti? Banyak orang yang mungkin tidak mengonsumsi nasi tetapi mengonsumi roti untuk menurunkan berat badan. Ternyata roti juga merupakan makanan yang harus dihindari saat sedang diet. Mengapa? Karena roti putih mengandung karbohidrat, sodium, dan gula yang membuatmu menjadi gemuk. Selain itu, roti puith juga tidak akan membuat kamu kenyang dalam waktu yang lama. Jika kamu sedang diet, gantilah roti putih menjadi roti gandum karena mengandung serat yang tinggi dan kadar gulanya lebih rendah

4. Kentang goreng

Ternyata kentang goreng tidak cocok untuk orang yang sedang diet lho! Karena kentang goreng mengandung banyak kalori dan karbohidrat. 1 porsi kecil kentang goreng saja rata-rata bisa mengandung 200-340 kalori. Selain itu, kentang goreng ini dapat menyebabkan kamu makan dalam jumlah yang banyak karena tidak membuat perutmu menjadi kenyang. Kalau kamu sedang diet lebih baik mengonsumsi kentang rebus karena lebih mengenyangkan dan kalorinya juga rendah

5. Fast food

Mayoritas orang merupakan penggemar fast food. Untuk kamu yang sedang diet stop dulu mengonsumsi fast food seperti pizza, daging olahan, dan lain-lain. Karena fast food mengandung garam, gula, jumlah lemak yang besar, serat yang rendah, dan kalori yang tinggi serta rendah nutrisi. Hal itu yang menyebabkan tubuhmu menjadi gemuk dan gagal diet. Lebih baik masak sendiri makanan dengan bahan yang sehat dan fresh di rumah. Stop makan fast food dulu yaa sahabat fimela!

Oleh karena itu, jika kamu ingin berat badan ideal kamu harus melalukan program menurunkan berat badan agar berat badanmu tetap stabil dan tidak overweight. Beberapa jenis makanan di atas harus dihindari saat melakukan program diet.

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela