5 Mitos Seputar Menstruasi dan Faktanya

Baiq Nurul Nahdiat24 Sep 2021, 08:15 WIB
Diperbarui 24 Sep 2021, 08:15 WIB
Mitos Seputar Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Katanya tidak boleh minum es saat haid, tapi ada juga yang bilang boleh-boleh saja, jadi mana yang benar? Bisa jadi, ini hanya mitos seputar menstruasi yang berkembang di dalam masyarakat tapi banyak perempuan memercayainya. Ada juga mitos seputar menstruasi lainnya, seperti dilarang keramas, tidak boleh oleharaga, dan tidak boleh makan nanas saat haid.

Biar tidak bingung, berikut ini beberapa mitos seputar menstruasi dan faktanya.

1. Tidak boleh minum es

Banyak yang percaya jika minum air es saat menstruasi menyebabkan darah dalam rahim akan membeku dan bikin haid tak lancar. Padahal, sistem pencernaan dan sistem reproduksi itu berbeda. Haid pada sistem reproduksi sementara minuman pada pada sistem pencernaan. Baik makanan dan minuman yang masuk juga akan menjadi hangat karena disesuaikan dengan suhu di dalam tubuh.

2. Tidak boleh keramas

Katanya perempuan yang sedang menstruasi tidak boleh keramas karena akan menyebabkan sakit kepala. Perempuan memang bisa sakit kepala saat menstruasi tetapi tidak disebabkan karena keramas, ini bisa disebabkan oleh sindrom pramentruasi. Justru, perempuan dianjurkan untuk tetap menjaga kebersihan rambutnya selama menstruasi.

3. Tidak boleh makan nanas

Mitos Seputar Menstruasi
Mitos Seputar Menstruasi. (ilustrasi/pexels)

Banyak yang menyarankan kalau sedang haid tidak boleh makan nanas karena akan membuat aliran darah semakin deras. Seperti yang dilansir dari Fimela,com, dr Reisa Broto Asmoro mengatakan kalau nanas kaya akan vitamin c dan enzim yang baik untuk pencernaan. Buah nanas juga berpengaruh pada metabolisme lemak dan membantu meningkatkan zat mangan yang berkurang saat kita pms, sehingga bisa meredakan nyeri.

4. Minuman bersoda bikin haid lancar

Ini juga tidak ada hubungannya sama seperti saat minum air es. Justru kalau ditelaah dari kandungan kafein dan gula yang tinggi bisa memperburuk saat menstruasi. Kafein bisa menyempitkan pembuluh darah yang bisa menimbulkan kram otot di perut juga kecemasa dan nyeri pada saat mens. Jadi sebaiknya dihindari.

5. Tidak boleh olahraga

Mitos Seputar Menstruasi
Mitos Seputar Menstruasi. (Ilustrasi/Shutterstock.com/interstid)

Katanya, olahraga saat haid bisa bikin tubuh lemas, padahal dengan rutin melakuka gerakan aerobik, berjalan kaki atau bersepeda justru dapat meredakan keram di perut. Yang perlu kamu hindari adalah olaharag berat seperti angkat beban atau basket.

Meski itu hanya mitos, tapi ini sudah dijadikan pengetahuan umum di dalam masyarakat yang dipercaya. Jadi, jangan legi deh percaya mitos sembarangan sebelum informasinya benar-benar pasti.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela