5 Alasan Mengapa Kamu Butuh Waktu untuk Menyendiri

Baiq Nurul Nahdiat04 Okt 2021, 11:05 WIB
Diperbarui 04 Okt 2021, 11:05 WIB
Alasan kita perlu menyendiri

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang beranggapan bahwa menyendiri itu buruk, karena identik dengan stres atau masalah mental lainnya. Padahal, menyendiri itu justru kita butuhkan untuk kesehatan mental kita. Karena kita semua juga pasti punya cara yang berbeda-beda untuk menenangkan diri saat ada masalah dan kesendirian terkadang bisa menjadi cara untuk mengembalikan energimu.

Ada beberapa alasan yang membuat kita butuh untuk menyendiri. Ini dia ulasannya.

1. Dapat meningkatkan konsentrasi

Ketika bekerja denga banyak orang, sulit bagi kita untuk fokus dan berkonsentrasi dalam berpikir. Jadi, kamu butuh mengambil waktu untuk menyendiri dan membiarkan otakmu beristirahat sejenak dari kebisingan dan menjernihkan pikiran sehingga kamu bisa kembali fokus.

2. Mengisi ulang energi

Menyendiri adalah cara terbaik untuk mengembalikan energi kita, karena saat berkumpul dengan banyak orang, akan semakin banyak pula hal yang kamu pikirkan. Kamu jadi tidak perlu terburu-buru atau terdesak melakukan permintaan orang lain atau mendengar perkataan orang lain saat sendirian. Dengan begitu, lebih sedikit pula energi yang kamu gunakan.

3. Dapat mengikuti kata hati

Alasan kita perlu menyendiri
Alasan kita perlu menyendiri. (Ilustrasi/Copyright shutterstock.com/Chatchaiwattatun)

Saat kita bersama orang lain, sulit bagi kita untuk mendengar kata hati kita sendiri dan lebih mudah dipengaruhi orang lain. Berbeda saat kamu menyendiri, kamu bisa berpikir secara bebas dan melakukan apa yang kamu suka. Sehingga kamu akan lebih mudah menjadi diri sendiri.

4. Menemukan solusi

Kesendirian juga dapat membantumu berpikir secara mendalam karena lebih obyektif dalam melihat segala sesuatu. Saar kamu menyendiri, kamu akan lebih mudah menemukan solusi terbaik untuk menghadapii masalah.

5. Memperbaiki hubungan dengan orang lain

Alasan kita perlu menyendiri
Alasan kita perlu menyendiri. (Ilustrasi/Shutterstock.com/violetblue)

Dilansir dari Liputan6.com, saat menyendiri kamu akan lebih mengenal dirimu lebih baik. Kamu tidak hanya akan dapat memahami dirimu dengan lebih baik, namun juga jadi memahami bagaimana berhubungan dengan orang lain.

Jadi, kalau kamu merasa lelah dengan kehidupan karena terlalu banyak beban pikiran, ambillah waktu sejenak untuk menyendiri dan meninggalkan hiruk pikuk yang ada.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
What's On Fimela